get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lupa Membayar Zakat Fitrah, Inilah Hukum dan Tata Caranya

Menjaga Kesehatan Jantung ala Rasulullah SAW, Patut Diteladani dan Diterapkan Sehari-hari

Minggu, 18 Desember 2022 | 07:29 WIB
header img
Berikut ini cara Rasulullah menjaga kesehatan jantung yang patut ditiru. Foto ilustrasi: Pixabay/Gerd Altmann

DEPOK, iNewsDepok.id - Cara Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatan, termasuk kesehatan jantung patut diteladani dan ditiru. Salah satunya dengan tidur berkualitas dan mendirikan salat malam.

Dalam riwayat disebutkan, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam semasa hidupnya hanya mengalami sakit dua kali. Yakni, pertama, sakit karena diracun oleh wanita Yahudi. Kedua, mengalami demam ketika menjelang wafatnya di Madinah.

Jantung merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup manusia karena fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh. Banyak orang menjaga kesehatan jantung dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

Dalam Islam, terdapat cara untuk menjaga kesehatan jantung sebagaimana diterapkan Rasulullah SAW.

Berikut cara Rasulullah SAW menjaga kesehatan jantung, seperti dirangkum pada Minggu (18/12/2022):

  1. Tidur berkualitas

Secara medis, kebiasaan harian Nabi Muhammad SAW terbukti dapat menyehatkan organ vital tersebut. Salah satu cara Rasulullah SAW menjaga kesehatan jantung adalah dengan tidur. Namun bukan tidur yang tidak berkualitas.

Diriwayatkan dari Al-barra ibn Azib bahwa Rasulullah SAW berkata kepadanya: "Jika kau hendak tidur, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah diatas sisi kanan tubuhmu, lalu ucapkan:

"Ya Allah, kuhadapkan wajahku sepenuhnya kepada-Mu dan kuserahkan urusanku kepada-Mu dengan rasa harap dan rasa takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berpaling dan tempat berlari dari-Mu, kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau turunkan dan kepada nabi-Mu yang engkau utus (dengan begitu) jika kamu meninggal dalam tidurmu, sungguh kamu meninggal dalam keadaan fitrah (suci). Jadikan doa itu sebagai ucapan terakhir yang kamu ucapkan sebelum tidur."

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut