get app
inews
Aa Read Next : Itikaf Malam Ganjil 23 Nanti Malam Berburu Lailatul Qadar, Hafalkan Doa Ini  

Keutamaan Malam Lailatul Qadar Bagi Umat Islam

Jum'at, 07 April 2023 | 02:42 WIB
header img
Signifikansi dan keutamaan dalam malam Lailatul Qadar

JAKARTA, iNewsDepok.id - Malam Lailatul Qadar, atau malam kemuliaan adalah malam yang sangat penting bagi umat Muslim. Malam Lailatul Qadar dianggap sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan, sehingga umat Muslim memanfaatkan malam ini sebaik-baiknya.

Malam Lailatul Qadar jatuh pada bulan Ramadan, dan umat Muslim percaya bahwa pada malam ini, Al Qur'an turun dari langit dan malaikat turun ke bumi. 

Malam Lailatul Qadar juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa, memohon ampunan kepada Allah SWT, dan juga meminta berkahnya. Umat Muslim disunnahkan melakukan ibadah shalat malam, membaca Al Qur'an, zikir, dan bersedekah.

Dalam Al Qur'an Surah Al Qadr mengatakan : "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur segala urusan." (QS. Al-Qadr: 1-4)

 

Hal ini menunjukkan bahwa betapa besarnya malam Lailatul Qadar sehingga umat Muslim harus memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh.

Dalam sejarah Islam, terdapat hadis yang menyebutkan keutamaan malam Lailatul Qadar Rasulullah SAW juga mengatakan: "Jika seseorang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan jika seseorang berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari).

Dengan demikian, malam Lailatul Qadar memiliki signifikansi yang sangat besar dalam agama Islam. Malam ini adalah waktu yang sangat berharga bagi umat Muslim untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan bersedekah.

Kesimpulannya, malam Lailatul Qadar memiliki signifikansi dan mal ini sangat penting dalam agama Islam. Dengan melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar, umat Muslim akan mendapatkan berkah serta pahala yang besar dari Allah SWT.

 

 

 

 

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut