get app
inews
Aa Read Next : Hanya 2,8% Masyarakat Sikat Gigi di Waktu yang Tepat, BKGN 2023 Kembali Beri Perawatan Gigi Gratis!

Apakah Menggosok Gigi Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Ulama Soal Hukum dan Batas Waktunya

Jum'at, 24 Maret 2023 | 10:59 WIB
header img
Apakah menggosok gigi membatalkan puasa? Simak penjelasan mengenai hukum dan batas waktunya. Foto ilustrasi: Freepik/Drazen Zigic

DEPOK, iNewsDepok.id - Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan ketika berpuasa adalah ‘apakah menggosok gigi membatalkan puasa?’ Seringkali saat sahur orang lupa menggosok atau menyikat gigi, kemudian saat ingat sudah masuk waktu puasa, lantas bolehkah?

Mengenai boleh tidaknya menggosok gigi saat puasa dan apakah membatalkan puasa  sebaiknya diketahui setiap muslim. Dengan demikian, umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan lebih khusyuk dan mendapat pahala.

Islam merupakan agama yang menanamkan kebersihan bagi setiap pemeluknya baik kebersihan tubuh atau jasmani, rohani maupun lingkungan.

Dalam kitab fikih, hal pertama yang diulas mengenai thaharah atau bersuci termasuk soal sikat gigi atau bersiwak. Membersihkan mulut melalui siwak maupun sikat gigi memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Selain untuk menjaga kebersihan mulut, menyikat gigi juga merupakan adab dalam beribadah. Seperti hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini:

 لَوْلاَ أَنَّ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُل وُضُوءٍ

Seandainya Aku tidak memberatkan ummatku pastilah aku perintahkan mereka untuk menggosok gigi setiap berwudhu'. (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis Rasulullah SAW tersebut, bila tidak memberatkan, gosok gigi diharuskan pada setiap wudhu. Padahal setidaknya, umat Islam sehari semalam berwudhu' lima kali.

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ وَمَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

Menggosok gigi itu membuat mulut menjadi bersih dan membuat Allah menjadi ridha.(HR. An-Nasa'i)

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut