get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Kolestrol Tinggi? Atasi Dengan 4 Bumbu Dapur Ini

Selasa, 06 September 2022 | 01:00 WIB
header img
Bumbu dapur dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi. Foto Sindonews.

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kolesterol tinggi banyak dialami masyarakat Indonesia.Kolesterol tinggi menjadi salah satu kondisi berbahaya. Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dilakukan dengan memanfaatkan 4 bumbu dapur. Apa saja?

Penumpukan kolesterol diakibatkan pola makan kurang sehat dan kurangnya olahrga. Kolestrol tinggi dapat mempengaruhi kondisi pembuluh darah dan kinerja jantung hingga menyebabkan hipertensi.  Hipertensi ini selanjutnya menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Makanya upaya menurunkan kolesterol perlu dilakukan, antara lain dengan memanfaatkan bumbu dapur.

4 Bumbu Dapur Atasi Kolesterol Tinggi

1. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung serta bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

2. Peterseli

Peterseli (Petroselinum crispum) merupakan ramuan yang cujup populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini asli asal Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat.

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.

3. Jahe

Selain bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, melegakan pernapasan, jahe juga berfungsi untuk turunkan kadar kolesterol tinggi. Sekitar 3 gram bubuk jahe, bisa menurunkan kolesterol secara berkala.

Selain diolah menjadi hidangan minuman, jahe juga sering digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Tapi untuk bumbu masakan lebih baik gunakan jahe utuh dan bukan bubuk jahe yang biasa digunakan untuk hidangan minuman.

4. Ketumbar

Bumbu dapur yang bisa bantu turunkan kolesterol terakhir, yaitu ketumbar. Dalam biji ketumbar terdapat senyawa asam, dan antioksidan yang sangat efektif untuk meluruhkan kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh.

Cara mengolah ketumbar untuk mencegah kolesterol yaitu bisa dicampurkan langsung sebagai bumbu masak. Selain itu kamu juga bisa menggunakan seduhan bubuk ketumbar dan meminumnya langsung.

Demikian 4 bumbu dapur yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Tentu, selain itu juga diperlukan cara lain seperti olahraga untuk mengikis kadar kolesterol. 
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut