Inilah 9 Fakta CEO TikTok Shou Zi Chew, Jadi Sorotan karena Disebut Agen China

Kartika
9 fakta CEO TikTok Shou Zi Chew, jadi sorotan karena disebut agen China
  1. Membawa Xiaomi IPO

Saat berkarier di Goldman Sachs, Shou dikenalkan ke DST Global, yakni perusahaan modal ventura dengan klien seperti Facebook dan Twitter.

Setelah menyelesaikan Harvard Business School, Shou bekerja di perusahaan investasi DST Global sebagai mitra. Dia membantu mengoordinasikan salah satu investasi paling awal di ByteDance dengan membangun hubungan dengan dua insinyur muda pendirinya, Liang Rubo dan Zhang Yiming.

Shou juga berkerja selama lima tahun menjadi chief financial officer dan presiden bisnis internasional Xiaomi di 2019. Ia memimpin Xiaomi mencapai penawaran umum perdana (IPO).

Selanjutnya, Shou melompat ke ByteDance pada Maret 2021, menjadi orang pertama yang mengisi peran kepala keuangan di raksasa media tersebut.

Hanya dua bulan kemudian, tepatnya pada Mei 2021, dia berperan sebagai CEO TikTok. Dia menjadi CEO setelah pengunduran diri pendahulunya Kevin Mayer yang tiba-tiba di tengah upaya pemerintahan Trump yang memaksa penjualan aset TikTok di AS.

  1. Sosok Berani Ambil Risiko

Shou Zi Chew menyebut bahwa dirinya tidak pernah menjalani kariernya dengan target muluk.

“Saya tidak benar-benar tahu apa yang ingin saya lakukan atau ke mana hidup akan membawa saya. Kalau dipikir-pikir, tidak ada rencana besar. Saya menempatkan diri saya di luar sana, dan saya mengambil risiko ketika mereka datang,” katanya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network