get app
inews
Aa Read Next : Hak Angket, Adian Sebut Kubu Capres 01 dan 03 Kompak Gulirkan

Astaga! Disdikpora Purworejo Tak Tahu Kasus Wadas Masuk TUC Ujian SMP

Jum'at, 25 Maret 2022 | 13:57 WIB
header img
Warga Wadas beraudiensi dengan Disdikpora Kabupaten Purworejo terkait soal TUC SMP yang mengangkat kasus Wadas. Foto: @Wadas_Melawan

DEPOK, iNews.id - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengaku tak tahu kalau kasus warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, menjadi soal tes uji coba (TUC) Ujian Sekolah kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2021/2022 di Purworejo untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Hal itu diketahui dari informasi yang disampaikan admin akun @Wadas_Melawan, Jumat (25/3/2022).

"Pada hari kamis, 24 Maret 2022, warga Wadas mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo untuk mengklarifikasi terkait soal TUC SMP yang menyangkut permasalahan yang ada di Wadas," katanya.

Merespon hal tersebut, lanjut @Wadas_Melawan, Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo mengaku tidak tahu menahu adanya soal tersebut karena soal tersebut bersifat rahasia dan disusun oleh Tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) mata pelajaran PPKn yang dimusyawarahkan oleh MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah).

"Menurut salah satu anggota tim penyusunan soal, alasan dicantumkannya isu Wadas dalam naskah soal adalah untuk melatih para murid agar bisa berpikir kritis terhadap suatu kejadian yang aktual, dan mendorong para murid untuk bisa menjadi problem silver," imbuhnya.

Menurut @Wadas_Melawan, alasan itu mengada-ada karena pada faktanya berita yang dicantumkan pada soal TUC adalah berita yang mengabaikan fakta sebenarnya.

"Uraian itu tidak aktual dan faktual," tegasnya.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut