get app
inews
Aa Read Next : Stabilitas Harga dan Ketersediaan Beras di Depok Terus Dipantau

Agar Tak Bergantung pada Beras, Ganjar Pranowo Sebut Tiwul, Sorgum, Papeda Perlu Dikembangkan Lagi

Sabtu, 30 September 2023 | 07:54 WIB
header img
Ganjar Pranowo dalam Rakernas Ke-IV PDIP yang mengusung tema "Membangun Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat". Foto: Youtube @PDI Perjuangan

DEPOK, iNewsDepok.id - Bakal Calon Presiden PDIP Ganjar Pranowo menyinggung soal diversifikasi atau keanekaragaman pangan saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jum'at, (29/9/2023).

Rakernas mengusung tema "Membangun Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat". Tema Rakernas kali ini diambil sekaligus untuk memperingati Hari Tani yang jatuh pada 24 September.

Dalam cuplikan kanal YouTube PDI Perjuangan, Ganjar menegaskan perlunya menggenjot kedaulatan pangan melalui melalui diversifikasi pangan. 

"Biarkan yang makan papeda tetap makan papeda, biarkan yang makan tiwul tetap makan tiwul, dan yang makan beras juga makan beras. Karena sorgum pun bisa jadi sumber pangan," kata Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo menyebut pangan yang dimiliki Indonesia sangat variatif dan melimpah, sesuatu yang tidak dimiliki negara lain. 

Ia juga mengungkit capaian pemerintahanan Jokowi yang membangun 61 bendungan. Menurutnya prasarana ini adalah upaya Jokowi untuk mendukung kemajuan pangan Indonesia.

Namun, ia menyebut ada pekerjaan rumah (PR) soal penyusutan 650 hektare sawah tiap tahunnya.

Ganjar Pranowo meminta agar embung, sawah, hingga laut tidak berubah fungsi. Ia menambahkan penegakan hukum serta moderenisasi pengelolaan pangan, bisa membangun kemajuan dalam bidang pangan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut