get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dipangkas, Kini Jawa Tengah Menjadi Provinsi di Jawa yang Tidak Memiliki Bandara Internasional

Banyak Diminat, Ini Dia Berbagai Jenis Kambing Unggul Sebagai Hewan Kurban di Indonesia!

Senin, 17 Juni 2024 | 16:41 WIB
header img
Kambing Muara, salah satu kambing yang diminati sebagai hewan kurban. Foto : Ist

DEPOK iNews Depok.id - Momen kurban saat Iduladha jelas menjadi salah satu perayaan yang paling dinanti. Karena di samping sebagai sarana ibadah, kebersamaan saat membagikan potongan daging kurban juga sangat berarti bagi sebagian besar kalangan. 

Ada dua jenis hewan yang umumnya digunakan sebagai kurban, yaitu sapi dan kambing. Bagi mereka yang lebih mampu, kurban sapi dengan harga lebih tinggi kerap jadi pilihan. Namun banyak juga masyarakat yang memilih kambing untuk menunaikan ibadah satu ini.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis kambing yang dinilai memiliki kualitas unggul sebagai hewan kurban

Pertama, Kambing Etawa, kambing yang dibudidayakan sebagai hewan ternak perah dan pedaging. Bersasal dari salah satu wilayah India yang Bernama Jamnapari. Kambing ini memiliki ukuran cukup besar dibandingkan kambing biasa. Saat ini di Indonesia lebih banyak dikembangbiakkan kambing Peranakan Etawa (PE).

Kedua, Kambing Boer, kambing yang berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini merupakan jenis yang seutuhnya dimanfaatkan sebagai kambing pedaging. Pertumbuhan dan penambahan bobot kambing ini terbilang sangat cepat sehingga banyak diminati sebagai hewan kurban.

Ketiga, Kambing Muara, salah satu kambing lokal yang paling terkenal. Kambing ini berasal dari Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dikenal sebagai pengasil daging dan susu yang melimpah dari ras kambing lokal. Kambing Muara tahan terhadap iklim dan cuaca tropis di Indonesia serta bisa hidup dengan baik dalam kondisi panas ataupun hujan.

Terakhir, Kambing Gembrong, kambing yang berasal dari wilayah Bali terutama di Kabupaten Karangasem. Dinamakan Gembrong karena memiliki bulu yang panjang dan lebat. Kambing ini merupakan hasil persilangan antara Kambing Kashmir dengan Kambing Turki. Dua jenis kambing tersebut dibawa masuk ke Bali sebagai hadiah untuk seorang bangsawan Bali dan kemudian berkembang sampai sekarang. Saat ini jenis kambing ini terancam punah karena populasi serta pembudidayaannya yang semakin sedikit.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut