get app
inews
Aa Read Next : dr Ririn Farabi Arafiq Cawalkot Depok Bagi-Bagi Daging 7 Ekor Sapi di Momen Idul Adha 2024

Jangan Kalap Konsumsi Daging Kurban, Ini Tips Dinkes Cilegon

Kamis, 20 Juni 2024 | 10:26 WIB
header img
Febri Naldo, Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan Dinkes Kota Cilegon. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id - Masyarakat tengah menikmati daging hewan kurban di masa Idul Adha 2024. Meskipun ketersediaan daging melimpah, masyarakat diimbau jangan kalap berlebihan mengonsumsi daging. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mengimbau pola makan sehat tetap harus dijalankan. 

"Saran kami, konsumsi daging-daging tersebut dengan porsi yang wajar agar keseimbangan kebutuhan protein kita tetap terjaga. Pilih daging yang rendah lemak untuk hindari kolesterol tinggi," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan Dinkes Kota Cilegon, Febri Naldo. 

Menurut Febri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengolah dan memasak daging qurban. Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat menikmati hidangan Lebaran dengan tetap sehat dan bebas dari kolestrol. 

"Tips sehat selama Idul Adha diantaranya masak daging hingga matang sempurna, pilih area daging yang rendah lemak, banyak konsumsi buah dan sayur, serta membatasi makanan yang tinggi kolesterol," tuturnya. 

Selain itu, tambah Febri, masyarakat juga tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur. 

"Perlu juga berhenti merokok, istirahat yang cukup dan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan," tambahnya. 

Febri menyarankan jika ada keluhan, rasa pusing atau lainnya akibat mengonsumsi daging kurban, warga perlu segera periksakan ke dokter, klinik atau Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) terdekat.  

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut