get app
inews
Aa Read Next : Menteri Sandi dan Thariq Halilintar Inspirasi dan Motivasi para Santri Bersaing di Kreatif Digital

Desa Wisata Andalan Miliki Pesona Tebing, Laut, dan Pantai dengan Pasir Putih yang Lembut

Rabu, 20 Desember 2023 | 12:11 WIB
header img
Diwakili Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua dan rombongan, dalam rangkaian ADWI 2023, Kemenparekraf RI melakukan visitasi ke Desa Wisata Andalan, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Foto: Dok. Kemenparekraf RI

BULUKUMBA, iNewsDepok.id - Jadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) kembali menggelar salah satu program unggulannya, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sukses di tahun 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 Desa Wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4.573 Desa Wisata terjaring dari Sabang sampai Merauke, untuk ketiga kalinya, Kemenparekraf menyelenggarakan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Dengan tema "Pariwisata Berkelas Dunia untuk Indonesia Bangkit”, program ini bertujuan agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong terciptanya lapangan kerja dengan community base tourism yang dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitas masyarakat yang ada di desa. Saya yakin jika kita bisa Beradaptasi, terus Berkolaborasi, dan berupaya meningkatkan Inovasi dari Desa Wisata, kita bisa membuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024. Dan akhirnya, dari Desalah kita membangun indonesia,” kutip pernyataan penuh semangat Mas Menteri, Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Inilah momentum kebangkitan pariwisata, di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Dalam rangkaian gelaran ADWI 2023, Kemenparekraf melakukan visitasi ke Desa Wisata-Desa Wisata terpilih. Salah satunya, Desa Wisata Andalan yang berada di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Desa Wisata Andalan dapat ditempuh via jalur udara Bandara Jakarta Soekarno Hatta (CGK) - Bandara Makassar Sultan Hasanuddin (UPG) selama 2 jam 20 menit. Dilanjutkan jalur darat menuju lokasi Desa Wisata Andalan menggunakan mobil selama 4 jam.

Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua bersama rombongan, tiba di Pantai Mandala Ria. Mereka disambut duta pariwisata dan diarahkan melakukan serangkaian protokol kesehatan.

Indra kemudian melakukan prosesi penjemputan adat/panruppai nialle pakmamang.

Saat melewati pintu masuk, Indra mengambil beberapa helai daun sirih di atas pakmamang (tempat sirih pinang antik khas Desa Lembanna) yang dibawa oleh dua pasang remaja berbaju adat, didampingi satu orang ibu tua sebagai pemandu.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut