get app
inews
Aa Read Next : Komitmen Bantu UMKM Naik Level, OCBC Buka Ruang Kreasi untuk Fasilitas Kreativitas Marketing Digital

Bukit Peramun, Hutan Digital Pertama di Indonesia yang Mendapat Rekor Muri

Kamis, 28 September 2023 | 13:49 WIB
header img
Bukit Peramun mendapat rekor Muri sebagai Hutan Digital Pertama di Indonesia. Foto : akun instagram @bukitperamunarsel

DEPOK, iNewsDepok.id - Bukit Peramun adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Belitung yang dinobatkan sebagai Hutan Digital Pertama Berbasis Masyarakat di Indonesia oleh Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) yang diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) Muhammad Neil El Himam pada 30 Mei 2023 lalu.

Himam menjelaskan bahwa Desa Wisata Bukit Peramun menjadi tonggak penting dalam upaya mengoptimalkan teknologi digital yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, sekaligus memanfaatkan potensi desa wisata.

Inovasi teknologi yang diaplikasikan adalah aplikasi virtual assistant berbasis android untuk memperkenalkan jenis dan manfaat tanaman di Bukit Peramun, serta virtual guide dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris.

Selain itu, diterapkan juga teknologi digital dalam pemanfaatan hutan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menggunakan teknologi i-tree hasil riset peneliti dari IPB University dan United States Forest Services International Program (USFS-P).

Teknologi ini dapat memastikan dengan tepat secara data digital tentang potensi hutan secara menyeluruh, mulai dari jenis dan usia pohon, oksigen yang dihasilkan, hingga serapan karbon oleh hutan.

Dengan teknologi tersebut, Bukit Peramun diharapkan menjadi upaya berkelanjutan dalam meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat lokal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut