get app
inews
Aa Read Next : Penghujung Tahun 2023, Universitas Pancasila Kukuhkan Enam Guru Besar

Pesan Mahfud MD Untuk Wisudawan Universitas Pancasila

Jum'at, 10 November 2023 | 21:34 WIB
header img
Menkopolhukam saat upacara Wisuda Universitas Pancasila. Foto: ist

JAKARTA,iNews.id- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengingatkan agar ideologi Pancasila selalu dijaga. Dikatakan, Pancasila memiliki nilai-nilai luhur seluruh kebutuhan berbagai segmen masyarakat Indonesia.

“Saya menegaskan pada seluruh masyarakat Indonesia kepada kita semua kepada anak-anak didik di berbagai perguruan tinggi supaya ingat bahwa kita itu punya dasar ideologi negara Pancasila yang mempersatukan kita dan dan memajukan kita,” katanya saat menghadiri upacara wisuda Universitas Pancasila, Jumat (10/11/2023).

Ditegaskan, kegagalan akan terjadi dalam pembangunan bangsa dan negara jika bangsa ini menghianati dasar dan ideologi negara. Oleh karenanya, dia menyampaikan agar nilai luhur Pancasila harus terus dijaga.

“Oleh sebab itu saya menyampaikan pesan dari Pancasila memiliki nilai-nilai luhur seluruh kebutuhan berbagai segmen masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, perkembangan terakhir ini memang penuh kontroversi karena ada banyak nilai Pancasila yang dilanggar. Antara lain perpecahan dengan munculnya tawaran ideologi pembanding yang mau menggantikan Pancasila.

“Maka itu harus kita lawan habis-habisan, bukan melawan sekedar idenya tapi juga memberi contoh bahwa kita akan berlaku adil kepada semuanya. Nah situasi politik seperti sekarang ini sering itu menjadi isu, sehingga tolong mari kita jaga pemilu untuk mencari pemimpin, bukan untuk mencari musuh. Ini harus dicamkan,” tegasnya.

Dia meyakini lulusan UP memiliki karakter kebangsaan yang kuat. Lulusan UP sudah tentu memiliki kemampun dalam bidang akademik serta idealisme yang bukang kaleng-kaleng.

“Tujuan Universitas Pancasila sudah pasti tujuannya dalam berkonstitusi. Kita bersyukur telah diwarisi oleh para pendiri NKRI yang luar biasa, dan saya yakin, pada 2045 kita akan masuk Indonesia emas,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pembina Yayasan Pembina dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP), Siswono Yudo Husodo berharap, melalui pendidikan itu terbentuk karakter unggul.

“Memang benar pendidikan itu tidak hanya soal inteligence, tidak hanya soal keterampilan. Tapi yang paling penting adalah karakter. Kita betul-betul ingin mendidik anak didik kita para wisudawan ini bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, atau keterampilan yang tinggi, tapi juga berkarakter unggul,” katanya.

Sementara itu, Rektor UP, Prof Edie Toet Hendratno dalam pidatonya menjelaskan, bahwa kedepannya semua institusi pendidikan harus dapat menghasilkan SDM potensial, sebagai pengungkit pencapaian Indonesia Emas 2045. Dikatakan, UP memastikan terbentuknya kompetensi dasar mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, penguasaan bahasa asing, serta berkembangnya keterampilan yang sesuai dengan keilmuan masing-masing.

“Semangat inilah yang melatarbelakangi pemilihan tema wisuda yaitu generasi unggul berjiwa pancasila, sebagai penentu Indonesia emas 2045,” katanya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut