get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Edie Toet Dicopot sebagai Rektor Universitas Pancasila, Buntut Kasus Pelecehan Seksual

Universitas Pancasila dan Pacific Paint Gelar Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Jum'at, 29 September 2023 | 16:37 WIB
header img
Tim Pengabdi Masyarakat Universitas Pancasila di Desa Sungai Buntu. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Universitas Pancasila berkolaborasi dengan Pacific Paint melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM Desa Sungai Buntu pada 25 September 2023. Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian agenda Pesta Rakyat Desa Sungai Buntu pada tanggal 1 oktober sekaligus memperingati hari kesaktian Pancasila.

Program ini juga sebagai implementasi salah satu dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (pengmas). Terdiri dari beberapa kegiatan seperti pelatihan pengolahan abon ikan dan otak-otak ikan, pelatihan sanitasi dan higienis, pelatihan pembuatan kemasan produk dan pelatihan pemasaran digital.

Ketua LPPM UP, Irfan Ihsani mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM sehingga masyarakat terkait dapat lebih mandiri secara ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“LPPM UP turut melibatkan beberapa pihak dalam kegiatan pelatihan ini seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan dalam pembuatan abon ikan, dosen fakultas farmasi UP terkait proses sanitasi dan higienis pengolahan produk makanan, dosen fakultas teknik UP terkait desain produk dan kemasan,” katanya, Jumat (29/9/2023).

Pihak KKP juga memberikan informasi menarik tentang potensi pasar produk kelautan dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah baik tingkat nasional maupun internasional. Abon dan otak-otak ikan dari jenis ikan tembang ini merupakan produk 100% bahan alami.

“Ini akan dijadikan souvenir bagi seluruh tamu yang menghadiri acara Nadren 2023 Desa Sungai Buntu,” ujarnya.

Menurutnya, ini akan menjadi awal bagi perkenalan produk umkm yang lebih luas dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang lebih inklusif. Konsepnya dengan pemberdayaan pentahelix (melibatkan akademisi, pemerintah, pelaku bisnis, masyarakat dan media).

“Nadren 2023 desa sungai buntu akan dihadiri oleh tamu dari Kementrian Desa PDTT, Bupati Kerawang dan jajarannya, Rektor Universitas Pancasila beserta jajaran pimpinan serta dari pihak Industri seperti Pacific Paint dan perusahaan nasional lainnya,” pungkasnya.

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut