get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Edie Toet Dicopot sebagai Rektor Universitas Pancasila, Buntut Kasus Pelecehan Seksual

Terlalu Gemuk, Universitas Pancasila Rampingkan Organisasi Demi Bersaing di Kancah Internasional

Rabu, 04 September 2024 | 14:27 WIB
header img
Struktur organisasi di Universitas Pancasila kini hanya 2 Wakil Rektor (Warek) dari sebelumnya 4 Warek. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Universitas Pancasila (UP) melakukan perampingan organisasi demi mempercepat langkah bersaing di kancah Internasional. 

Sebelumnya, struktur organisasi di Universitas Pancasila terdiri dari empat Wakil Rektor (Warek), yaitu Warek Bidang Akademik, Warek Bidang Administrasi Umum & SDM, Warek Bidang Kemahasiswaan, dan Warek Bidang Kerjasama Humas & Ventura. 

Namun, kini dilakukan perampingan struktur dengan hanya menyisakan dua posisi utama: Warek Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan & Alumni yang dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, dan Warek Bidang Sumber Daya oleh Ir. Handrito Hardjono.

Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, menegaskan bahwa perubahan ini dilakukan agar fungsi-fungsi penting tetap berjalan optimal tanpa adanya tumpang tindih tugas. 

“Sebelumnya, organisasi terlalu gemuk sehingga banyak tugas dan fungsi yang tumpang tindih. Saat ini, fungsinya tidak hilang, hanya pejabatnya yang dikurangi. Posisi Warek 3 ditiadakan, karena mahasiswa dan akademik merupakan satu kesatuan. Pengelolaan sumber daya yang sebelumnya tersebar kini berada di bawah Warek Bidang Sumber Daya,” jelasnya.

Dengan struktur yang lebih ramping ini, Marsudi berharap Universitas Pancasila dapat lebih fokus dalam mencapai tujuannya untuk bersaing di kancah internasional. 

“Tidak cukup hanya unggul, kita harus hebat. Hebat berarti mampu menghadapi segala tantangan, tidak hanya diakui di Indonesia, tapi juga dihormati di dunia internasional,” ujarnya.

Dalam upaya ini, Universitas Pancasila baru saja melantik enam pejabat baru. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM sebagai Wakil Rektor Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Alumni; Ir. Handrito Hardjono, MM., MPA., MSM sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya; Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M. Psi, Psikolog sebagai Sekretaris Universitas; Prof. Amin Soebandrio, dr., Ph.D., SpMK (K) sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM); Prof. Dr. Iha Haryani Hatta, SE., MM sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan; dan Dr. Nurmala Ahmar, SE., M.Si., Ak., CA sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Selain itu, Prof. Dr. Tri Widiastuti, SE., Ak., MM., CA juga dilantik sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) oleh Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila, Jend. TNI (Purn). Agum Gumelar, SH., M.Sc.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut