get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Konservasi Mata Air ini Sebabkan Situ Gadog Depok Tak Pernah Kering di Musim Kemarau (2)

Kamis, 28 September 2023 | 19:36 WIB
header img
Lestarinya Kawasan Lindung Sumber Air Situ Gadog menyebabkan Situ Gadog tetap penuh airnya dan tak kekeringan seperti terjadi pada sejumlah situ lain di Kota Depok. Foto: iNews Depok/Mada Mahfud

DEPOK, iNewsDepok.id – Keberadaan mata air abadi di Situ Gadog menjadi berkah bagi warga Kelurahan Cisalak Pasar Depok dan sekitarnya. Mata air abadi inilah yang menyebabkan air di Situ Gadog tak susut meski Depok tengah dilanda musim kemarau.

Mata air Situ Gadog sudah berstatus Kawasan Lindung berdasarkan penetapan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane.

Letak mata air di sisi ujung terjauh dari pintu masuk di Jalan Jalan Radar Auri, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Di kawasan mata air Situ Gadog terdapat plang besar bertuliskan ”Kawasan Lindung Sumber Air Situ Gadog”. 

Masih di plang tertulis keterangan lebih lanjut: ”Upaya pelestarian sumber air dengan menjaga dan melindungi sumber air Situ Gadog”.

Dengan berstatus kawasan lindung, mata air Situ Gadog tidak boleh dirambah untuk kepentingan selain konservasi sumber daya air.

Tak heran, dengan status tersebut, Kawasan Lindung Sumber Air Situ Gadog masih lestari. Banyak tumbuhan besar berada di lokasi tersebut. Tumbuhan paling besar adalah pohon beringin.

Kondisi mata air Situ Gadog yang masih lestari menyebabkan Situ Gadog tak kekurangan pasokan air di musim kemarau sekalipun.

”Awas hati-hati Mas kalau masuk kawasan mata air, ada ular Pyton dan ular Kobra,” kata Iyus Wirawan atau Iyus Gampang, penduduk setempat saat iNews Depok menanyakan keberadaan mata air Situ Gadog.

Keberadaan ular Pyton atau Kobra memang memungkinkan karena kawasan tersebut masih lestari. Di tambah kondisi yang lembab, cocok bagi ular untuk berkembang biak.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut