get app
inews
Aa Read Next : Segudang Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 9 Cegah Anemia

Suplemen Vitamin D Bisa Mengurangi Risiko Serangan Jantung, Berikut Penjelasan Ahli

Senin, 03 Juli 2023 | 12:16 WIB
header img
Benarkah suplemen Vitamin D bisa mengurangi risiko serangan jantung? Foto ilustrasi: Freepik

Pittas mengatakan saat kita mencoba mencegah kondisi tertentu seperti penyakit kardiovaskular atau diabetes, kita mungkin perlu memberi lebih dari dosis Vitamin D yang biasa.  

“Namun secara umum, diyakini bahwa lebih baik mengonsumsi Vitamin D setiap hari daripada tidak setiap hari, karena paparan terus-menerus pada dosis sedang dianggap lebih fisiologis daripada paparan intermiten pada dosis tinggi,” ujarnya.

Tapi tentu saja terlalu banyak juga dapat merusak. Klinik Mayo mengatakan konsumsi 60.000 IU Vitamin D setiap hari selama beberapa bulan telah terbukti menyebabkan keracunan.

Pada akhirnya, Pittas menekankan bahwa tidak mungkin menarik kesimpulan umum tentang Vitamin D dan populasi umum dari studi tunggal ini. Rasio manfaat-ke-risiko untuk Vitamin D tergantung pada populasi target, kondisi medis mereka, dan perbedaan antara "pengobatan" dan "suplementasi".

Sebaiknya kita juga mengetahui bagaimana tanda-tanda seseorang kekurangan Vitamin D. Seseorang bisa mendapatkan cukup Vitamin D dari sumber alami seperti makanan tertentu, yang menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, juga sinar matahari.

Berdasarkan UCLA Health, Institute Kesehatan Nasional memperkirakan 1 di antara 4 orang dewasa Amerika tidak mendapatkan cukup Vitamin D. Menurut Universitas Nebraska-Lincoln jika memiliki tanda-tada kekurangan Vitamin D, maka penting untuk berkonsultasi ke dokter.

Adapun tanda-tanda kekurangan Vitamin D seperti seperti kelelahan, tidak tidur nyenyak, sakit atau nyeri tulang, depresi atau merasa sedih, rambut rontok, kelemahan otot, kehilangan nafsu makan, mudah sakit dan kulit pucat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut