get app
inews
Aa Read Next : Segudang Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 9 Cegah Anemia

Suplemen Vitamin D Bisa Mengurangi Risiko Serangan Jantung, Berikut Penjelasan Ahli

Senin, 03 Juli 2023 | 12:16 WIB
header img
Benarkah suplemen Vitamin D bisa mengurangi risiko serangan jantung? Foto ilustrasi: Freepik

“Temuan ini dapat mendorong evaluasi lebih lanjut tentang peran suplemen Vitamin D, terutama pada orang yang memakai obat untuk pencegahan atau pengobatan penyakit kardiovaskular,” tambahnya.

Selanjutnya uji coba besar menyarankan beberapa manfaat yang diperoleh jantung dari Vitamin D. Analisis tersebut. Analisis melibatkan lebih dari 21.000 orang berusia 60 hingga 84 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok penerima kapsul bulanan 60.000 IU Vitamin D dan kelompok plasebo.

Studi tersebut mengecualikan mereka yang telah minum lebih dari 500 IU Vitamin D per hari, serta mereka dengan riwayat kadar kalsium tinggi, hiperparatiroidisme, batu ginjal, osteomalasia tulang lunak, dan sarkoidosis.

Rata-rata pengobatan berlangsung selama 5 tahun dan lebih dari 80 persen peserta melaporkan mengonsmsi setidaknya 80 persen tablet penelitian. Selama uji coba, 1.336 peserta mengalami masalah jantung utama, yakni 6,6 persen pada kelompok plasebo dan 6 persen pada kelompok Vitamin D.

Sementara perbedaan antara kedua kelompok relatif kecil, tingkat kejadian kardiovaskular utama adalah 9 persen lebih rendah bagi mereka yang minum Vitamin D dibanding mereka yang mendapat plasebo. Ini setara dengan 5,8 kejadian lebih sedikit per 1.000 peserta.

Selain itu, pada kelompok Vitamin D tingkat serangan jantung 19 persen lebih rendah dan tingkat revaskularisasi koroner 11 persen lebih rendah. Sedangkan ketika terjadi stroke tidak ada perbedaan di antara kedua kelompok.

Anastassios G. Pittas, MD, kepala divisi endokrinologi di Tufts Medical Center di Boston mengatakan secara keseluruhan efek dosis yang diberikan pada populasi ini kecil.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut