get app
inews
Aa Read Next : Suiso, Air Mineral Hidrogen untuk Cegah Stroke

Jangan Anggap Sepele, Hindari 5 Kebiasaan yang Berbahaya bagi Jantung

Minggu, 22 Oktober 2023 | 11:54 WIB
header img
Hindari 5 kebiasaan yang berbahaya bagi jantung. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Jangan anggap sepele kebiasaan yang bisa berbahaya bagi jatung. Dinukil dari berbagai sumber, ini 5 kebiasaan berbahaya bagi jantung yang perlu dihindari demi menjaga jatung tetap sehat. Saat ini serangan jantung menjadi salah pembunuh tertinggi di Indonesia.

Jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung yang sehat dapat menjaga keseimbangan sirkulasi darah dan oksigen, serta mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung, gagal jantung, aritmia, atau stroke.

Hindari 5 Kebiasaan yang Berbahaya bagi Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, kita perlu menghindari faktor-faktor risiko yang dapat merusak jantung, seperti merokok, minum alkohol, obesitas, diabetes, hipertensi, atau kolesterol tinggi. Selain itu, kita juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering dilakukan tanpa disadari, tetapi ternyata berbahaya bagi jantung. Berikut adalah lima kebiasaan sepele yang perlu dihindari:

1. Kurang tidur 

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia yang berperan dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh memulihkan energi, meregenerasi sel-sel, mengatur hormon, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan gangguan pada sistem kardiovaskular, seperti meningkatkan tekanan darah, menurunkan fungsi endotel (lapisan dalam pembuluh darah), dan meningkatkan peradangan. Kurang tidur juga dapat memicu stres, depresi, obesitas, diabetes, atau penyakit lain yang dapat mempengaruhi jantung. Oleh karena itu, kita perlu tidur minimal tujuh jam per malam secara teratur.

2. Terlalu banyak duduk 

Duduk terlalu lama atau kurang bergerak dapat menyebabkan penumpukan lemak dan gula dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung koroner. Duduk terlalu lama juga dapat melemahkan otot-otot tubuh, termasuk otot jantung, yang dapat mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi waktu duduk menjadi tidak lebih dari empat jam per hari dan melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit per hari.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut