get app
inews
Aa Read Next : Segudang Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 9 Cegah Anemia

Suplemen Vitamin D Bisa Mengurangi Risiko Serangan Jantung, Berikut Penjelasan Ahli

Senin, 03 Juli 2023 | 12:16 WIB
header img
Benarkah suplemen Vitamin D bisa mengurangi risiko serangan jantung? Foto ilustrasi: Freepik

“Tapi kemudian jika kita mempertimbangkan biaya rendah, 20 sen per tablet atau kurang) dan keamanan secara keseluruhan kita dapat menerapkannya pada tingkat kesehatan masyarakat yang luas, ini mungkin memiliki implikasi penting,” ujarnya.

Dari catatan Dr. Pittas, dalam penelitian ini 6 dari 1.000 kejadian kardiovaskular dapat dicegah dengan Vitamin D. Sementara secara umum ambang batas untuk perbedaan pengurangan yang penting minimal adalah 20 atau 30 lebih sedikit per 1.000.

Dalam analisis subkelompok, peneliti melihat beberapa indikasi efek yang lebih kuat pada mereka yang menggunakan statin atau obat kardiovaskular lainnya pada awal uji coba. Sementara para peneliti mengatakan hasil ini secara statistik tidak signifikan, Pittas menyebutnya efek pada populasi ini ‘menarik’.

“Orang yang konsumsi statin dan obat kardiovaskular berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Mungkin Anda berpendapat bahwa orang yang berisiko mungkin mendapat manfaat paling banyak dari intervensi tersebut,” ujarnya.

Lantas mengapa Vitamin D dosis tinggi diperlukan? Dosis 60.000 IU yang digunakan dalam penelitian ini tergolong tinggi. Menurut Klinik Mayo, jumlah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa yang lebih tua adalah 600 dan 800 IU atau hingga 24.000 IU setiap bulan.

Para peneliti membuat pilihan untuk memberikan dosis setiap bulan untuk meningkatkan kepatuhan. Jika Anda hanya perlu melakukan sesuatu sebulan sekali atau setiap hari, kepatuhan dapat meningkat.

Para peneliti juga ingin mengukur apa yang akan terjadi pada orang-orang jika asupan Vitamin D mereka melebihi batas yang disarankan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut