get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Indonesia dan Amerika Fokus Bangun Ketahanan Masyarakat Hadapi Ekstremisme di Asia Tenggara

Selasa, 06 Juni 2023 | 20:36 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza dalm pertemuan 3rd ASEAN - US Regional Workshop on Preventing and Countering Violent Extremism (P/CVE) di Bali. Foto: doc BNPT RI

BALI, iNewsDepok.id – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat  fokus membangun ketahanan masyarakat hadapi ekstremisme di Asia Tenggara.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam pertemuan 3rd ASEAN - US Regional Workshop on Preventing and Countering Violent Extremism (P/CVE): Community Resilience in ASEAN yang diselenggarakan pada 6-7 Juni 2023.

Rycko menyampaikan bahwa pertemuan antara Indonesia dan Pemerintah Amerika telah berkontribusi bagi pembangunan strategi dan kebijakan nasional dalam pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) merupakan ketua kelompok pejabat senior Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) selaku co-host bersama Pemerintah Amerika Serikat.

Pertemuan tahunan ini diikuti oleh sekitar 80 peserta dari negara-negara anggota ASEAN, perwakilan dari para mitra, para ahli, akademisi, organisasi internasional dan organisasi masyarakat sipil.

Rycko menyampaikan bahwa pertemuan antara Indonesia dan Pemerintah Amerika telah berkontribusi bagi pembangunan strategi dan kebijakan nasional dalam pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme.

Menurut Rycko, Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat menjadi co-host dalam ASEAN-US Workshop on P/CVE yang ketiga.

"Kedua lokakarya sebelumnya telah terlaksana dengan baik, melalui identifikasi pendekatan dan praktik baik dalam membangun strategi dan kebijakan nasional, termasuk pengembangan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme,” kata Rycko.

Kepala BNPT RI menyampaikan dalam pertemuan ini membahas sejumlah isu penting terkait P/CVE, diantaranya: pertukaran informasi perkembangan terorisme global dan regional, situasi terkini dari negara anggota ASEAN, perspektif pemuda dan perempuan dalam memperkuat ketahanan masyarakat, tanggapan dini serta kemitraan dalam merespon propaganda ekstremisme kekerasan atau Early Warning Early Response (EWER), dan tantangan daring lainnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut