get app
inews
Aa Read Next : BNPT RI Sebut Jiwa Bela Negara jadi Pilar Utama Bangsa Tangguh

BNPT RI: Tak Ada Serangan Teror di 2023, Keamanan Indonesia Semakin Baik

Jum'at, 29 Desember 2023 | 14:44 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel menyebut sinergi erat pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan terorisme menjadi faktor kunci. Foto: iNews Depok/Budi Tan

SENTUL BOGOR, iNews Depok.id - Sepanjang tahun 2023 tidak terjadi serangan teror dengan kekerasan oleh jaringan terorisme di Indonesia. 

Sinergi erat pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan terorisme menjadi faktor kunci.

Demikian Pernyataan Pers Akhir Tahun BNPT RI yang diselenggarakan di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT ) RI Sentul, Bogor, Jumat, 29 Desember 2023.

"Sepanjang tahun 2023, Alhamdulillah tidak terjadi serangan teror dengan kekerasan oleh jaringan terorisme dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, kondisi ini mengindikasikan situasi keamanan Indonesia semakin membaik," kata Kepala BNPT RI Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel.

Namun demikian, BNPT RI terus mengimbau kepada seluruh pihak untuk tetap waspada dengan dinamika gerakan yang muncul di bawah permukaan dari sel-sel jaringan teror yang masih berupaya menginfiltrasi ke berbagai sektor kehidupan. 

Apalagi, terang Rycko, jaringan teroris global juga masih melakukan aksi terorisme. Demikian juga jaringan teroris dalam negeri terpantau aktif mengembangkan jaringan melalui berbagai aktivitas yang dapat diketahui melalui jumlah penangkapan teroris oleh 

Densus 88 AT Polri dibantu TNI sebanyak 148 teroris. 

"Kita tidak boleh berpuas diri, harus tetap waspada karena semua ini kondisi yang muncul di atas permukaan. Sementara itu, di bawah permukaan sel-sel jaringan teror secara masif dan terencana terus menyusup ke sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara," katanya. 

Kepala BNPT RI memaparkan sepanjang 2023, terdapat 2.670 temuan konten digital bermuatan IRET (Intoleransi, Radikalisme, Ekstrimisme, Terorisme), 1.922 di antaranya diusulkan untuk di-take down dimana sebagian besar terdapat pada Facebook/Instagram. 

Potensi terpapar radikalisme juga lebih tinggi terdapat pada wanita, generasi muda, khususnya gen-Z, dan mereka yang aktif di internet. 

Menjelang Tahun Baru dan Pemilu 2024, BNPT RI mengajak seluruh elemen bangsa dan masyarakat tetap bersatu mewujudkan Indonesia Damai, Indonesia tanpa kekerasan, dan Indonesia Harmoni serta dapat merayakan pesta demokrasi tahun 2024 dengan sehat, damai, dan aman.

Dalam penanggulangan terorisme, Kepala BNPT RI menyatakan dilakukan sesuai mandat Undang-Undang nomor 5 tahun 2018 melalui peningkatan kesadaran masyarakat), keterlibatan masyarakat, dan mendorong kolaborasi seluruh komponen bangsa dalam rangka membangun ketahanan publik sehingga terbentuk daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap bahaya ideologi kekerasan, radikalisme dan terorisme. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut