get app
inews
Aa Read Next : Sudah Tidak Terpakai, DPUPR Kota Depok Bongkar Jembatan di Kali Cabang Barat Pancoran Mas

Penyelenggaraan Jalan Jadi Salah Satu Prioritas Pembangunan Dinas PUPR Kota Depok Tahun 2022

Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:34 WIB
header img
Pembicara di Sosialisasi Pembangunan Kota Depok 2022, Jumat (7/1/2022). Foto: Diskominfo

DEPOK, iNews.id - Dalam Sosialisasi Pembangunan Kota Depok Tahun 2022, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah memetakan beberapa program yang akan dijalankan selama tahun 2022.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan berdasarkan RPJMD tahun 2021-2026 Dinas PUPR melaksanakan misi 1 dan 2.

Misi pertama, adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan. Misi kedua, meningkatkan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik yang modern dan partisipatif.

BACA JUGA:

Implementasi RPJMD Depok Secara Penuh di Tahun 2022

“Tujuan Dinas PUPR Kota Depok adalah meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar ke PUPR yang berkualitas sesuai dengan rencana tata ruang dan kualitas konstruksi bangunan,” paparnya Citra dalam Sosialisasi Pembangunan Kota Depok Tahun 2022, Jumat (7/1/2022).

Citra mengatakan DPUPR memiliki sembilan poin yang menjadi prioritas. Yakni penyelenggaraan jalan, pengelolaan sumber daya air (SDA), pengelolaan dan pengembangan sistem drainase, serta penyelenggaraan penataan ruang.

Selanjutnya, pengelolaan dan pengembangan sistem limbah air, pengolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum, penunjang urusan pemerintahan daerah kabupaten/kota, pentaan bangunan gedung, serta pengembangan jasa konstruksi.

DPUPR Kota Depok melakukan pembangunan infrastruktur strategis tahun 2021-2026, yaitu pedestrian jalan, penanganan jalan dan jembatan, penanggulangan banjir dan longsor, pelebaran simpang, rekontruksi jalan, turap, sumur resapan, dan lain-lain.

BACA JUGA:

Realisasi Dana Rp5 Miliar per Kelurahan di Depok Dimulai Tahun Ini

“Pedestrian jalan yang dibangun antara lain Jalan Margonda Raya, Jalan Komjen Pol. M. Jasin (akses UI), Jalan Cinere Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Kartini, Jalan Tanah Baru, Jalan Krukut Raya, Jalan Cipayung Raya dan Jalan Dewi Sartika,” jelas Citra.

Sementara dalam penanganan jalan dan jembatan di antaranya pelebaran dan peningkatan Jalan Raya Tapos Kelurahan Cimpaeun Kecamatan Tapos, penataan jalan menuju akses tahura, JDU wilayah barat, dan jembatan akses Masjid Agung Jatijajar (Tapos), terusan Juanda, rekonstruksi jalan dan pembangunan jembatan Boulevard GDC

“Penanggulangan banjir dan longsor di Kali Pesanggrahan, Kali Laya, Kali Angke, master plan pengendalian banjir, penataan Situ Sawangan, penataan saluran sekunder Kali Cimpaeun, serta penataan saluran cabang tengah (Jl Raya Sawangan) dan penataan saluran cabang timur (Jl Dewi Sartika s/d Balaikota),” paparnya.

Pelebaran simpang yang dilakukan antara lain Simpang Ramanda, Simpang Sengon, Simpang Tanah Baru, Simpang RTM, Simpang Al Huda, Simpang Abdul Wahab, Simpang Raden Saleh, dan Simpang Ar-ridho,” papar Indah.

BACA JUGA:

Sampah, Urban Farming dan Situ Jadi Isu Pembangunan di Kota Depok

DPUPR Kota Depok juga melakukan rekonstruksi jalan, seperti penataan Jalan Margonda Raya (lanjutan), Jalan Akses UI (Jalan Komjen Pol M. Jasin), Jalan Bhakti ABRI (lanjutan), Jalan Boulevard GDC (lanjutan) Jalan Detour Jalan Margonda Raya - Jl Juanda, dan Jalan Gadog Raya.

Selanjutnya, Jalan IPLT/TPU III Kalimulya RT 04 RW 05 Kelurahan Kalimulya, Jalan Krukut Raya, Jalan Margonda Raya - Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Pasir Putih (lanjutan), Jalan Tanah Baru, dan Jalan Cilangkap-Cimpaeun.

Citra berharap, pembangunan bisa berjalan secara maksimal dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat karena pembangunan yang dilakukan untuk kepentingan umum.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat ikut mendukung kegiatan pemerintah khususnya pembangunan. Mengingat, pembangunan ini juga untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut