get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

5 Manfaat Oat Bagi Penderita Diabetes, Berikut Rekomendasi 5 Menu Olahan Superfood Ini

Senin, 22 Mei 2023 | 11:46 WIB
header img
Inilah 5 manfaat oat bagi penderita diabetes yang bagus untuk dikonsumsi karena termasuk superfood. Foto ilustrasi: Freepik/Racool_studio

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 5 manfaat oat bagi penderita diabetes yang bagus untuk dikonsumsi karena termasuk superfood. Saat ini diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan utama di seluruh dunia.

Diabetes merupakan penyakit gaya hidup, yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Diabets ini tidak memiliki obat permaneh, sehingga penderitanya harus terus memanfay kadar gula darah dan menjaganya agar tetap terkendali.

Penyakit diabetes ini bisa dikelola melalui perubahan gaya hidup dan pola makan tertentu. Dalam mengelola diabetes, para ahli dunia merekomendasikan diet kaya nutrisi, berbarengan dengan penerapan gaya hidup aktif, untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Jenis makanan yang direkomendasikan dalam diet kaya nutrisi bagi penderita diabetes adalah oat. Oat mengandung serat dalam jumlah cukup yang membantu memperlambat proses pencernaan, serta mengatur penyerapan karbohidrat dan gula.

Oat juga memiliki indeks glikemik (GI) rendah, rendah kalori dan kaya serat, yang memastikan pelepasan glukosa dalam tubuh secara perlahan.

“Serat gandum seperti oat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah, memastikan pasokan karbohidrat yang lambat dan stabil serta menjaga tingkat energi dan pada saat yang sama memberikan banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat,” ujar konsultan ahli gizi Rupali Datta, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Food NDTV, pada Senin (22/5/2023).

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut