get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Senin, 12 Februari 2024 | 12:30 WIB
header img
Jenis makanan yang mengandung gluten. Foto: Istimewa

DEPOK, iNews Depok.id - Gluten adalah jenis protein yang banyak terkandung dalam biji-bijian sereal, seperti gandum, jelai, dan gandum hitam. Gluten berfungsi sebagai lem yang membantu menjaga bentuk dan tekstur makanan, terutama yang berbahan dasar tepung.

Gluten juga merupakan sumber protein, serat, dan nutrisi bagi tubuh. Namun, bagi sebagian orang, gluten dapat menyebabkan reaksi alergi atau intoleransi, yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan sistem imun.

Pengertian Gluten

Gluten adalah protein kompleks yang terdiri dari dua jenis protein utama, yaitu glutenin dan gliadin. Glutenin dan gliadin berperan dalam membentuk jaringan elastis yang disebut gluten saat tepung dicampur dengan air. Gluten inilah yang membuat adonan menjadi kenyal, mengembang, dan renyah saat dipanggang.

Gluten ditemukan secara alami dalam biji-bijian sereal, seperti gandum, jelai, dan gandum hitam. Meskipun demikian, gluten juga dapat ditemukan dalam berbagai produk olahan yang menggunakan tepung sereal sebagai bahan dasar, seperti roti, pasta, kue, biskuit, sereal, dan bir.

Manfaat Gluten bagi Tubuh

Bagi orang-orang yang tidak memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan gluten, mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat memberikan manfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Menyediakan protein, serat, dan nutrisi. Gluten merupakan sumber protein yang dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti otot, kulit, dan rambut. Gluten juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, gluten mengandung berbagai nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin B, dan antioksidan, yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji-bijian utuh yang mengandung gluten dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker. Hal ini dikarenakan biji-bijian utuh mengandung fitokimia, yaitu senyawa kimia tumbuhan yang memiliki efek antiinflamasi, antikanker, dan antidiabetes. Selain itu, biji-bijian utuh juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah .
  • Meningkatkan kesehatan usus. Gluten dapat bertindak sebagai prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik di usus dapat membantu mencerna makanan, menghasilkan vitamin, dan melindungi tubuh dari bakteri jahat. Gluten juga dapat membantu mengatur keseimbangan asam-basa di tubuh, yang dapat memengaruhi penyerapan kalsium dan kesehatan tulang .

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut