get app
inews
Aa Read Next : Bikin Heboh! itel Luncurkan Smartphone Terbaru RS4 NFC dengan Spesifikasi Mumpuni Harga Sejutaan

Cara Hemat Baterai HP, Tak Khawatir Lowbat

Jum'at, 05 Mei 2023 | 11:40 WIB
header img
Ilustrasi smartphone yang habis baterai. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsDepok.id - Salah satu faktor yang sering dijadikan pertimbangan dalam membeli sebuah smartphone adalah kapasitas baterainya. Baterai merupakan sumber tenaga smartphone untuk bisa berfungsi. Jika sebuah smartphone memiliki kapasitas baterai yang kecil, maka cepat pula habis daya tahannya.

Biasanya, sebuah smartphone jika telah lama digunakan akan semakin turun performa baterainya. Untuk menghindari baterai yang cepat habis, pengguna bisa melakukan beberapa cara untuk menghemat baterai smartphone.

1. Menghentikan aplikasi yang ada di background

Menutup aplikasi saja tidak cukup untuk menghentikan aplikasi tersebut berjalan. Hal ini akan membuatnya memakan daya dan memori di background. Oleh karena itu, masuk ke menu multitasking dan cek apa saja aplikasi yang masih berjalan. Lalu, matikan yang tidak digunakan lagi.

2. Redupkan tingkat kecerahan cahaya layar

Ini merupakan hal paling sederhana yang dapat dilakukan pengguna untuk menghemat baterai. Jika pengaturan cahaya layar semakin cerah, maka akan membuat konsumsi baterai di smartphone semakin tinggi.

Untuk menghematnya, sesuaikan tingkat kecerahan dengan keadaan, misal di dalam ruangan yang gelap, redupkan kecerahan agar hemat baterai dan tidak membuat mata lelah.

3. Matikan sinyal radio yang tak penting

Fitur-fitur yang menggunakan frekuensi radio, seperti GPS, Wi-Fi, NFC, dll jika tidak dibutuhkan, maka pengguna bisa mematikannya. Hal ini karena fitur-fitur tersebut akan menguras baterai dalam jangka panjang. Cukup dihidupkan ketika sedang digunakan.

4. Matikan fitur getar

Fitur ini sering digunakan pengguna smartphone untuk menjadi pengganti nada dering. Ternyata, fitur satu ini juga menjadi salah satu penyebab borosnya baterai smartphone. Akan semakin boros jika pengguna juga mengaktifkan fitur ini saat menekan tombol atau mengetik.

Jika memang dibutuhkan, pengguna bisa mematikan saja fitur getar saat menekan tombol atau mengetik agar lebih menghemat baterai smartphone.

5. Aktifkan fitur penghemat baterai

Telah banyak smartphone keluaran terbaru yang semakin canggih karena tersedianya fitur penghemat baterai ini. Biasanya, yang dilakukan smartphone untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar dan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Jika tidak suka dengan fitur ini, pengguna bisa mengaktifkannya saat baterai benar-benar hampir habis.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut