get app
inews
Aa Read Next : United E-Motor Siap Buka 4 Gerai Motor Listrik Terbaru

Cara Aman Mengendarai Motor Listrik Saat Hujan Lebat

Selasa, 20 September 2022 | 09:09 WIB
header img
Ilustrasi motor listrik di tengah hujan. Foto : sindonews.com

JAKARTA, iNewsDepok.id – Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diiringi kenaikan harga di berbagai bidang, membuat masyarakat melakukan langkah penghematan. Salah satunya dalam hal pengeluaran biaya transportasi.

Salah satu solusi penghematan biaya transportasi sehari hari adalah dengan menggunakan motor listrik.

Ada sedikit perbedaan cara berkendara motor listrik dengan sepeda motor berbahan bakar minyak. Khususnya saat berkendara di tengah cuaca hujan.

Sebelum berkendara dengan motor listrik, terlebih dahulu lakukan pengecekan pada semua bagian motor.

Salah satunya memastikan penutup cover baterai pada motor tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari baterai terkena air pada saat berkendara di tengah cuaca hujan.

Selain itu pengendara motor listrik diimbau untuk berhati hati saat melintas di jalanan yang sedang banjir.

Jangan gunakan motor listrik untuk melewati banjir yang genangan airnya dalam. Karena bisa merusak komponen listrik pada motor dan beresiko terjadinya korsleting ketika permukaan air mencapai bagian poros motor dan sirkuit.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga pada saat mencuci motor listrik. Mencuci motor listrik disarankan tidak menggunakan air bertekanan tinggi. Karena komponen kelistrikan pada motor listrik cukup sensitif jika terkena air.

Cukup dicuci dengan guyuran air yang ringan dan jangan diarahkan langsung ke bagian bagasi utama, tempat pengisian baterai, cover baterai dan kontroller.

 

Artikel ini juga tayang di inews.id dengan judul “Amankah Mengendarai Sepeda Motor Listrik saat Hujan Lebat? Perhatikan Ini agar Tidak Korsleting”.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut