get app
inews
Aa Read Next : 7 Jenis dan Makanan Harus Dihindari Bagi Pengidap Asam Urat

5 Menu Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Urat, Tetap Boleh Makan Nasi

Rabu, 26 April 2023 | 07:12 WIB
header img
Menu sarapan untuk penderita asam urat. Foto ilustrasi: Freepik/Jcomp

DEPOK, iNewsDepok.id - Inilah 5 menu sarapan untuk penderita asam urat, yaitu makanan yang mengandung rendah purin. Makanan apa saja?

Penderita asam urat sebaiknya menjaga pola makannya. Pasalnya, pola makan dipercaya bisa membantu menurunkan gejala asam urat.

Asam urat sendiri adalah radang sendi yang timbulnya sesekali, tetapi ketika timbul dan menyerang seseorang, gejalanya bisa membuat penderita sangat tidak nyaman.

Gejala asam urat di antaranya pembengkakan pada sendi, rasa nyeri, dan radang sendi itu sendiri.

Penderita asam urat sebaiknya mengontrol asupan makanannya, yaitu tidak mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi purin. Termasuk asupan makanan saat sarapan.

Meski purin adalah senyawa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk metabolisme, tetapi ketika kadarnya terlalu tinggi maka dapat meningkatkan risiko asam urat.

Lantas menu sarapan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam urat? Berikut ini menu sarapan untuk penderita asam urat, seperti dirangkum pada Rabu (26/4/2023):

Menu Sarapan untuk Penderita Asam Urat

  1. Sumber protein dari daging putih

Penderita asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi sumber protein dari daging putih, termasuk saat sarapan. Ikan sungai, termasuk ikan mas atau kakap merah bisa menjadi pilihan sehat.

Selain itu, daging putih seperti dada ayam juga bisa dikonsumsi saat sarapan.

"Makanan-makanan tersebut punya kandungan purin yang rendah, tapi proteinnya tetap mencukupi kebutuhan harian,” seperti dikutip dari laman resmi Vinmec International Hospital, pada Rabu (26/4/2023).

Dalam proses mengolah sumber protein, sebaiknya menggunakan minyak wijen, minyak zaitun, atau minyak kacang untuk mengurangi jumlah lemak di makanan itu.

Sedangkan untuk cara pengolahan, lebih baik jika makanan diolah secara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut