get app
inews
Aa Read Next : Kontennya Dianggap Mencemarkan Nama Baik, Youtuber Koko Dwi Rianto Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Mengenal MWI Karangduwur, Madrasah di Pelosok Kebumen Yang Cetak Siswa Hingga ke Inggris

Rabu, 12 April 2023 | 04:04 WIB
header img
Madrasah Wathoniyah Islamiyah Karangduwur, Petanahan, Kebumen. Foto: iNews Depok/Tama

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Tidak diragukan bila Madrasah Aliyah (MA) Madrasah Wathoniyah Islamiyah (MWI) Karangduwur, yang berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini menyandang gelar madrasah riset oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun 2021. Meskipun berada jauh dari pusat kota Kebumen, MWI Karangduwur kerap mencetak siswa-siswi yang handal, bahkan diterima di perguruan tinggi negeri atau luar negeri.

MWI Karangduwur ini memiliki kegiatan semi-pondok pesantren dalam metode pengajarannya. Tidak hanya fokus di jenjang MA, MWI juga memiliki jenjang pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau setara Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Bagi warga Kebumen, khususnya wilayah Kecamatan Petanahan MWI Karangduwur sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Sejarah MWI Karangduwur

Mengenai berdirinya MWI Karangduwur, Petanahan, tidak bisa lepas dari asal-usul sejarah berdirinya Pondok Pesantren, Masjid dan Madrasah Wathoniyah Islamiyah (POMESMAWI) Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

Sebab para pendiri MWI Karangduwur adalah murid-murid yang pernah belajar di POMESMAWI atau MWI Kebarongan, bahkan sempat pula beberapa malah menjadi pengajar di pondok tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut