get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ormas Islam Gelar Tadarus Kebangsaan, Tumbuhkan Narasi Kebangsaan untuk Cegah Ujaran Kebencian

Minggu, 26 Maret 2023 | 07:23 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar bersama Menkopolhukam Mahfud MD, dan Ketum LPOI KH Said Aqil Siroj dalam acara Tadarus Kebangsaan. Foto: doc BNPT RI

JAKARTA, iNewsDepok.id – Momen bulan Ramadhan dimanfaatkan sejumlah ormas Islam untuk menggelar acara Tadarus Kebangsaan. Acara dihadiri Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Ormas Islam yang hadir dalam Tadarus Kebangsaan antara lain Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam, Al-Irsyad, Al-Islmiyah, Arrobithoh Al-Alawiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Mathlaul Anwar, Attihadiyah, Azikra, Al-Wasliyah, IKADI, Syariakat Islam Indonesia, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) dan Dewan Da’wah Islamiyah, ICMI dan DMI.

Acara bertema ”Tadarus Kebangsaan dan Penyusunan Road Map Kepemimpinan Muslim Indonesia” berlangsung di Jakarta, Sabtu (25/3/2023). Selain Kepala BNPT, hadir pula tokoh antara lain Menkopolhukam Mahfud MD dan KH Said Aqil Siroj.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menyatakan pentingnya kekuatan seluruh masyarakat Indonesia dalam meluruskan narasi bermuatan kebencian yang beredar di media sosial dewasa ini.

"Seluruh keluarga besar ini harus menyelamatkan narasi-narasi yang hari ini penuh dengan kebencian khususnya pada sosial media," kata Boy Rafli.

Kepala BNPT mengungkapkan sosial media sudah menjadi bagian dari ruang publik yang diakses sebagian besar masyarakat. Untuk itu sangat penting keberadaan konten yang positif untuk membuat bangsa semakin kuat dan bersatu.

”Kita perlu aktif mengisi medsos yang berisi narasi kebangsaan agar  masyarakat tidak terpenetrasi nilai-nilai yang jauh dari nilai keindonesiaan dan keislaman yang Rahmatan lil Alamin," terang Boy Rafli.

Mantan Kadiv Humas Polri tersebut menyatakan pentingnya peran ormas Islam yang memiliki keahlian menggulirkan narasi agar bangsa semakin kokoh di tengah pluralitas kehidupan.

"Narasi narasi kebangsaan inilah yang diperlukan hari ini oleh kita semua,” cetus Jenderal Polisi Bintang Tiga ini.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut