get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Soto Petanahan, Kuliner Khas di Jalur Mudik Pantai Selatan Kebumen Yang Melegenda

Minggu, 26 Maret 2023 | 12:12 WIB
header img
Soto Ayam Petanahan adalah kuliner khas dari Kebumen, Jawa Tengah. Foto: iNews Depok/Tama

KEBUMEN, iNewsDepok.id - Lebaran 2023 hanya tinggal hitungan puluhan hari lagi, sebagian masyarakat telah mempersiapkan rencana mudik menuju kampung halaman. Bagi para pemudik di jalur selatan Jawa Tengah, khususnya wilayah Kebumen, kuliner Soto Petanahan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Bagi para pemudik yang melintasi wilayah Kebumen, apalagi yang melintasi Kecamatan Petanahan, mungkin lebih pas jika mencicipi kuliner khas yang satu ini.

Soto Petanahan adalah salah satu makanan khas dari daerah Kebumen, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari Kecamatan Petanahan, tepatnya sekitar 17 kilometer ke arah barat daya Kota Kebumen.

Warung Soto Petanahan yang paling populer adalah milik Pak Sutarman alias Pak Kored. Selain itu, ada pedagang Soto Petanahan lainnya seperti Warung Soto Petanahan Pak Kaimin, Bu Gongar dan Warung Soto Pak Toing.

Soto Petanahan konon sudah ada setelah era kemerdekaan. Seiring dengan perkembangan zaman, Soto Petanahan pun semakin populer dan menjadi makanan yang sangat terkenal di Kebumen.

Menu isian soto ini cukup sederhana mulai dari ketupat/lontong, daging ayam kampung, taoge atau kecambah, serta kuah beraroma yang gurih, serta rasa yang berbeda dari soto pada umumnya. Belum lagi campuran kecambah lebih banyak, kecap pada kuahnya juga lebih kental. Perbedaan lainnya yaitu tidak ada bihun atau kubis di dalamnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut