get app
inews
Aa
Read Next : Social Emotional Learning Day, Nutricia Ajak Pahami Emosi Anak dan Ajarkan Keterampilan Sosial

Meneladani Rasulullah, Simak 5 Manfaat Makan Menggunakan Tangan untuk Kesehatan

Rabu, 28 Desember 2022 | 07:03 WIB
header img
Meneladani Rasulullah, Simak 5 Manfaat Makan Menggunakan Tangan untuk Kesehatan. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Bagi muslim makan menggunakan tangan kanan telah disunnahkan Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW pun makan menggunakan tangan, yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengungkapkan setiap perbuatan Nabi Muhammad bisa dijadikan teladan. Termasuk bagaimana mengatur pola makan yang baik, serta menjadikan makan dengan tangan bagian dari sunnah.

"Rasulullah selalu makan dengan tangan kanan, mengunyah makanan dengan baik, tidak tergesa menelan makanan, makan dengan duduk tidak berdiri dan berhenti sebelum kenyang, serta makanan yang halal tentunya," jelas Ustadz Ainul beberapa waktu lalu.

Seiring perkembangan zaman, saat ini orang makan menggunakan alat makan seperti sendok dibandingkan makan menggunakan tangan. Ini menjadi standar antara masyarakat kota dan desa.

Padahal, seperti melansir laman Times of India makan menggunakan tangan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, dibandingkan makan menggunakan sendok. Lantas apa saja manfaat kesehatan makan menggunakan tangan?

Berikut ini 5 manfaat makan menggunakan tangan untuk kesehatan, seperti dirangkum pada Rabu (28/12/2022):

  1. Pencernaan yang lebih baik

Tangan, perut, dan usus adalah rumah bagi beberapa bakteri yang dapat melindungi diri dari penyakit. Makan dengan tangan membantu bakteri ini memasuki tubuh dan melindungi sistem pencernaan agar tidak terkena bakteri berbahaya.

Namun sebelum makan menggunakan tangan, pastikan tangan sudah bersih. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum duduk untuk makan.

  1. Membantu mempertahankan proporsi makanan

 

Makan dengan tangan dapat membuat proses yang relatif lambat daripada makan dengan sendok. Selain itu, tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu mengunyah makanan, juga akan makan lebih sedikit.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut