get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Bawaslu Kota Depok Temukan Potensi Kerawanan Data Pemilih Pada Pemilu 2024 Nanti

Selasa, 14 Februari 2023 | 20:47 WIB
header img
Bawaslu Kota Depok temukan potensi kerawanan data pemilih pada Pemilu 2024 nanti. Foto: iNews Depok/Iyung Rizki

DEPOK, iNewsDepok.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, menemukan potensi kerawanan tahapan Pemilu 2024, termasuk kegiatan tahapan pemilu yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, melalui petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih), yaitu pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Depok Dede Selamet Permana, di kantor Bawaslu Kota Depok, Beji, Depok, Senin (13/2/2023).

Dede menyampaikan, kerawanan itu hadir setelah pihaknya menemukan sejumlah kelemahan dari mekanisme coklit yang dilakukan pantarlih. Termasuk didalamnya tidak dibukanya akses data coklit kepada pihak Bawaslu.

“Untuk coklit terutama, data tidak dibuka sama sekali, jadi istilahnya Bawaslu mengawasi coklit, yang data coklitnya Bawaslu tidak punya, bahkan aplikasi coklit ini kami tidak memiliki akses. Kami mengawasi sesuatu yang kami tidak tahu itu apa,” jelas Dede.

Bahkan sambung dia, hingga kemarin kegiatan coklit belum dilakukan karena masalah tidak lengkapnya data pemilih yang diberikan kepada pantarlih.

Selain itu kata dia, belum semua pantarlih menguasai aplikasi untuk menghimpun data coklit.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut