Logo Network
Network

Biodata Dmitry Bivol Juara Tinju asal Rusia Keturunan Korea, Berlatih Tinju sejak Umur 6 Tahun

Mada Mahfud
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 10:58 WIB
Biodata Dmitry Bivol Juara Tinju asal Rusia Keturunan Korea, Berlatih Tinju sejak Umur 6 Tahun
Nama Dmitry Bivol melambung setelah mengalahkan Saul Canelo Alvarez lewat kemenangan angka mutlak. Foto: Tangkapan Layar Video

DEPOK, iNewsDepok.id – Dmitry Yuryevich Bivol semakin mencuat namanya dalam dunia tinju setelah mengalahkan petinju ternama Meksiko Saul Canelo Alvarez. Bivol kini menyandang gelar divisi Berat Ringan (76,2-79,3 kg) versi  World Boxing Association.

Usai menang duel atas Canelo Alvarez pada 7 Mei 2022 di Las Vegas, Dmitry Bivol pulang ke St Petersburg Rusia. Ia disambut bak pahlawan perang.

Penggemarnya menyanyikan lagu Gruppa Krovi yang dikultuskan di kalangan keturunan Rusia-Korea. Lagu Gruppa Krovi diciptakan rocker legendaris Rusia yang juga keturunan Rusia Korea, Victor Tsoi.

Ibu Bivol dari Etnis Korea di Kazakhstan

Darah Korea memang kental mengalir dari ibunya. Kelopak mata Bivol sipit seperti orang-orang Korea. Ibu Bivol lahir dari etnik Korea di Kazakhstan. Sedangkan bapaknya adalah orang Moldova yang dulu bagian dari Uni Sovyet.

Bivol memiliki kesamaan dengan juara tinju Gennady Golovkin dan Kosta Tsyu yang ibunya juga keturunan Korea.

Kedua orang tuanya kemudian pindah ke kota kecil Tokmak, Kirgistan, negara Asia pecahan Uni Sovyet. Orangtuanya bertani bawang dan gandum.

Bivol Belajar Tinju sejak Umur 6 Tahun

Dmitry Bivol lahir 18 Desember 1990 di Tokmak,Kirgistan. Olahraga tinju populer di Tokmak, tak heran Dmitry Bivol sudah mengenal tinju di usia 6 tahun. 

Badan Bivol yang besar membuatnya menonjol dibandingkan teman-teman seusianya yang berlatih tinju. Pada usia 11 tahun, Bivol pindah ke St Petersburg Rusia untuk memperdalam ilmu tinju.

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.