get app
inews
Aa Read Next : Fakta Mengejutkan! Nono Bocah Jenius Dari NTT Hobi Minum Rebusan Daun Kelor

5 Manfaat Daun Kelor Salah Satunya Atasi Kolesterol, Berikut Cara Mengolahnya

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:43 WIB
header img
Daun kelor. Foto: Instagram @yumberkebun

DEPOK, iNewsDepok.id - Dulu bila mendengar daun kelor memberikan kesan mistis, namun ternyata daun kelor ini memiliki manfaat kesehatan. Oleh karena itu, daun kelor kerap dijadikan menu masakan di rumah baik sayur bening maupun bobor yang mudah diolah.

Tanaman kelor sendiri mudah ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Kelor bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang dan tahan kondisi panas ekstrem. Tanaman ini banyak dimanfaatkan mulai dari batang hingga daunnya.

Daun kelor yang disebut super food ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Beberapa kandungan daun kelor di antaranya minyak terbang, myrosine, emulsine, alkaloida pahit tidak beracun, serta Vitamin A, B1, B2, C, E dan K.

Kandungan lain daun kelor adalah senyawa arginin, leusin, dan metionin. Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan, serta beberapa mineral seperti kalsium, protein, potasium/kalium serta zat besi.  

Lantas apa saja manfaat daun kelor bagi kesehatan? Berikut ini ulasan 5 manfaat daun kelor bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healthline pada Kamis (19/1/2023):

  1. Menurunkan kolesterol

Memiliki penyakit kolesterol tinggi dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak mengonsumsi makanan nabati efektif menurunkan kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Berdasarkan penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan tumbuhan kelor memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

  1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kandungan antioksidan pada tumbuhan terutama daun kelor, juga membantu untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Asupan antioksidan yang terpenuhi membantu menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer. Daun kelor dipercaya bagus untuk menunjang tingkatan memori dan kerja otak.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut