get app
inews
Aa Read Next : Fakta Mengejutkan! Nono Bocah Jenius Dari NTT Hobi Minum Rebusan Daun Kelor

5 Manfaat Daun Kelor Salah Satunya Atasi Kolesterol, Berikut Cara Mengolahnya

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:43 WIB
header img
Daun kelor. Foto: Instagram @yumberkebun
  1. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, yang menjadi ciri utama penyakit diabetes melitus. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan, tanaman kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Hal ini adalah mekanisme perlindungan yang penting, tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan yang berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Sebagian besar buah-buahan, sayuran, herba, dan rempah-rempah utuh memiliki sifat antiradang.

Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya, isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong dan biji kelor.

  1. Melawan radikal bebas

Daun kelor kaya akan antioksidan, senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut