get app
inews
Aa Read Next : Fakta Mengejutkan! Nono Bocah Jenius Dari NTT Hobi Minum Rebusan Daun Kelor

5 Manfaat Daun Kelor Salah Satunya Atasi Kolesterol, Berikut Cara Mengolahnya

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:43 WIB
header img
Daun kelor. Foto: Instagram @yumberkebun

DEPOK, iNewsDepok.id - Dulu bila mendengar daun kelor memberikan kesan mistis, namun ternyata daun kelor ini memiliki manfaat kesehatan. Oleh karena itu, daun kelor kerap dijadikan menu masakan di rumah baik sayur bening maupun bobor yang mudah diolah.

Tanaman kelor sendiri mudah ditemui di berbagai tempat di Indonesia. Kelor bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang dan tahan kondisi panas ekstrem. Tanaman ini banyak dimanfaatkan mulai dari batang hingga daunnya.

Daun kelor yang disebut super food ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Beberapa kandungan daun kelor di antaranya minyak terbang, myrosine, emulsine, alkaloida pahit tidak beracun, serta Vitamin A, B1, B2, C, E dan K.

Kandungan lain daun kelor adalah senyawa arginin, leusin, dan metionin. Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan, serta beberapa mineral seperti kalsium, protein, potasium/kalium serta zat besi.  

Lantas apa saja manfaat daun kelor bagi kesehatan? Berikut ini ulasan 5 manfaat daun kelor bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healthline pada Kamis (19/1/2023):

  1. Menurunkan kolesterol

Memiliki penyakit kolesterol tinggi dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak mengonsumsi makanan nabati efektif menurunkan kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Berdasarkan penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan tumbuhan kelor memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

  1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kandungan antioksidan pada tumbuhan terutama daun kelor, juga membantu untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak. Asupan antioksidan yang terpenuhi membantu menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer. Daun kelor dipercaya bagus untuk menunjang tingkatan memori dan kerja otak.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, yang menjadi ciri utama penyakit diabetes melitus. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan, tanaman kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Hal ini adalah mekanisme perlindungan yang penting, tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan yang berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Sebagian besar buah-buahan, sayuran, herba, dan rempah-rempah utuh memiliki sifat antiradang.

Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya, isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong dan biji kelor.

  1. Melawan radikal bebas

Daun kelor kaya akan antioksidan, senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Cara Mengolah Daun Kelor

Melihat manfaat daun kelor yang luar biasa maka kita bisa mengolah daun kelor menjadi beberapa masakan lezat yang mudah diolah seperti sayur bening maupun  bobor. Bahan dan bumbu yang digunakan sederhana dan mudah didapat.

Berikut resep masakan berbahan daun kelor yang mudah dibuat di rumah:

  1. Sayur bening daun kelor.

Sayur bening daun kelor. Foto: Instagram @zaidulakbar.resep

Sayur bening daun kelor bisa menjadi salah satu alternatif menu masakan yang mudah dimasak. Berikut adalah beberapa resep berbahan dasar daun kelor yang bisa dicoba.

Resep sayur bening daun kelor

Bahan:

100 gr daun kelor

1 jagung manis, pipil

1 wortel

1 labu siam, potong dadu

2 bawang putih, iris

4 butir bawang merah, iris

700 ml air, untuk merebus

2 sdt

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan bawang putih dan bawang merah.
  2. Masukkan labu siam dan wortel, masak hingga setengah matang. Masukkan jagung pipil, aduk. Masak hingga jagung hampir matang.
  3. Masukkan daun kelor, penyedap rasa, aduk.
  4. Sajikan.
  1. Bobor daun kelor

Bobor daun kelor. Foto: Facebook

Selain dimasak sayur bening, daun kelor juga dapat diolah dengan campuran santan yang kerap dikenal dengan nama bobor.

Berikut resep dan caranya membuat bobor daun kelor.

Bahan:

50 ml santan kental

600 ml air

2 ikat daun kelor

1 tempe

1 ruas jari lengkuas

1 sendok teh ketumbar bubuk

1 genggam daun kemangi

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 sendok teh minyak goreng

Gula pasir secukupnya

Garam secukupnya

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut