get app
inews
Aa Read Next : 7 Jenis dan Makanan Harus Dihindari Bagi Pengidap Asam Urat

Bagus Dicoba! Berikut 5 Minuman yang Ampuh Atasi Asam Urat

Minggu, 28 Agustus 2022 | 06:51 WIB
header img
Air lemon salah satu minuman yang ampuh atasi asam urat. Foto: Pixabay/Kira Hoffmann

DEPOK, iNewsDepok.id - Untuk meredakan asam urat yang dirasakan, Anda bisa mencoba 5 minuman yang ampuh atasi asam urat. Minuman ini selain rasanya enak, juga mudah dibuat.

Asam urat merupakan salah satu penyakit peradangan sendiri yang dapat memicu gejala rasa sakit hebat, pembengkakan, kemerahan, dan nyeri tekan secara tiba-tiba pada satu persendian atau lebih, terutama di bagian jempol kaki.

Minuman berikut ini merupakan obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan rasa nyeri. Berikut penjelasan 5 minuman yang ampuh atasi asam urat, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Minggu (28/8/2022):

  1. Air Jahe

Mengonsumsi air jahe selain untuk menghangatkan tubuh, juga dipercaya dapat dijadikan obat asam urat pada kaki. Rempah yang baunya khas ini dinilai bermanfaat dalam meredakan nyeri, akibat peradangan pada penderita asam urat.

Disebutkan dalam studi yang dimuat dalam International Journal of Advanced Research, jahe bisa menjadi obat topikal untuk mengatasi nyeri sendi.

  1. Air Lemon

Air lemon dianggap mampu membuang tumpukan limbah asam urat. Pasalnya, air lemon mengandung asam sitrat yang secara perlahan bisa membantu menghilangkan asam urat. Kandungan Vitamin C dalam air lemon ini dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau selain bisa menenangkan pikiran, juga mengandung beberapa senyawa yang dapat mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh. Alhasil, nyeri pada persendian bisa diredakan. Obat asam urat alami dari tumbuhan ini juga dinilai mampu mencegah asam urat kambuh.

  1. Cuka Apel

Cuka apel disebut-sebut bisa menjadi salah satu obat asam urat tradisional yang cukup ampuh. Bahan alami yang mudah ditemukan ini diyakini dapat membuang racun dari dalam tubuh.

Cuka apel juga mengandung asam malat yang berpotensi memecah partikel asam urat di dalam tubuh. Anda dapat membuat mencampurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air, lalu diminum langsung.

  1. Kopi

Kopi yang mengandung kafein ini ternyata juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat. Menurut penelitian yang dirilis pada tahun 2016, orang yang sering minum kopi cenderung tidak menderita asam urat.

Sebagai catatan, meski demikian temuan tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Artikel ini tayang di Okezone.com dengan judul “5 Minuman yang Ampuh untuk Mengatasi Asam Urat, yang Terakhir Favorit Banyak Orang!”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut