BNPT Ajak Mahasantri Ponpes Lirboyo Jadi Pelopor Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

M Mahfud
.
Selasa, 29 November 2022 | 22:16 WIB
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar saat kuliah umum yang diikuti ribuan mahasantri Ma'had Alu Lirboyo Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Selasa (29/11). Foto: doc BNPT

KEDIRI, iNewsDepok.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH mengajak Mahasantri Lirboyo Kediri menjadi pelopor semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala BNPT dalam
Kuliah Umum bertajuk Upaya Pesantren dalam Mencegah Intoleransi Radikalisme Terorisme dan Ideologi Transnasional di Indonesia kepada ribuan mahasantri Ma'had Alu Lirboyo Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Selasa (29/11). 


"Dengan komitmen cinta tanah air yang tinggi, Mahasantri Lirboyo dapat menjadi pelopor semangat kebangsaan di negeri ini," cetus Boy Rafli.

Jenderal bintang tiga tersebut mengingatkan Mahasantri Lirboyo bahwa santri adalah yang mula-mula mengobarkan semangat  Hubbul Wathon Minal Iman yaitu Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman.

"Justru santri yang awal mula menggelorakan semangat Hubbul Wathon Minal Iman. Ini yang membuat kecintaan pada Indonesia tidak dapat tergoyahkan di tengah serangan virus intoleransi, radikalisme dan terorisme yang menyerang mindset anak muda, intoleransi ini dari luar jangan sampai dasar pola pikir yang bagus itu di rusak," ujarnya. 

Menurut Boy, sebagai generasi penerus bangsa Mahasantri Lirboyo harus memahami sekaligus memiliki karakter nasionalisme, toleransi, dan cinta perdamaian dalam rangka menjaga rasa persatuan dan kesatuan Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

"Para mahasantri sebagai generasi muda yang akan memimpin Indonesia di masa datang harus yakin dengan nilai-nilai keindonesiaan kita, menjadi santri bukan hanya untuk diri sendiri saja tapi bagaimana dapat dipersembahkan bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Sepakat dengan pernyataan Kepala BNPT RI, Pimpinan Ponpes Lirboyo Kediri Kyai Haji Athoillah Sholahuddin berharap seluruh Mahasantri Lirboyo dapat memiliki ilmu yang bermanfaat dan berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Mari kita semua bersama-sama dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," pesan Kyai Athoillah.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini