get app
inews
Aa
Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Ketapel Bikinan Pemuda Depok Go Internasional, Awalnya Sekadar Hobi Main Ketapel

Senin, 28 November 2022 | 14:48 WIB
header img
Satria Conayio (34) pengrajin ketapel asal Depok yang sukses menjual ketapel ke luar negeri. Foto: Insan Sujadi/iNews Depok

DEPOK, iNewsDepok.id - Berawal dari hobi, ketapel kini jadi mata pencaharian Satria Conayio, pemuda 34 tahun asal Kota Depok, Jawa Barat. Produk ketapel bikinannya dibeli pelanggan dari Irlandia, Inggris, Amerika, Prancis, Italia, dan Malaysia.

Siapa yang tidak tahu ketapel atau slingshot. Ini  adalah permainan yang pernah booming pada masanya, mungkin anak-anak sekarang tidak ada yang tahu ketapel karena sudah tergerus zaman.

Ketapel berasal dari bahasa Latin Catapulta yang diserap dari bahasa Yunani yakni Katapltes. Artinya ke bawah dan melempar. 

Meski di Indonesia belum kembali populer, tetapi pelestarian dilakukan. Salah satu pelakunya adalah Satria Conayio dari Depok, Jawa Barat. Ia terus berupaya mengembangkan ketapel menjadi permainan modern.

Ia menceritakan pada tahun 2020 sudah terbentuk organisasi Ketapel Margonda. Organisasi ketapel asal Depok ini menggelar banyak kompetisi-kompetisi dan turnamen ketapel. "Dari lomba-lomba ini Ketapel Margonda banyak meraih prestasi," ucap Conayio saat diwawancara iNews Depok, Senin (28/11/2022).

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut