get app
inews
Aa Read Next : 5 Penyebab Gangguan Tidur Selain Insomnia

Gawat Perasaan Kesepian Berisiko Diabetes Tipe 2, Begini Prosesnya

Selasa, 11 Oktober 2022 | 06:08 WIB
header img
Berdasarkan penelitian perasaan kesepian meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Foto ilustrasi: Freepik/DCStudio

DEPOK, iNewsDepok.id - Hati-hati bila memiliki perasaan kesepian apalagi jika berlarut-larut. Pasalnya, perasaan kesepian pada seseorang disebut dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Bagaimana prosesnya?

Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau menolak insulin. Gejala berupa rasa haus meningkat, sering buang air kecil, lapar, lelah, dan penglihatan kabur. Pada beberapa kasus, tidak ada gejala.

Berdasarkan penelitian Associate Professor Roger E. Henriksen dan rekan-rekannya di Western Norway University of Applied Sciences, yang dipublikasikan di Diabetologia, disebutkan bahwa kesepian meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Di samping memeriksa hubungan antara kesepian dan risiko diabetes tipe 2, penelitian tersebut juga melihat apakah depresi dan insomnia berperan, demikian melansir dari Times Now News, pada Selasa (11/10/2022).

Dari sebuah badan penelitian yang berkembang, menunjukkan ada hubungan antara stres psikologis dan risiko individu mengembangkan diabetes tipe 2. Kesepian menciptakan keadaan tertekan yang kronis dan terkadang berlangsung lama yang dapat mengaktifkan respons stres fisiologis tubuh.

Respon ini diyakini memainkan peran sentral dalam pengembangan diabetes tipe 2 melalui mekanisme seperti resistensi insulin sementara yang disebabkan oleh peningkatan kadar hormon stres kortisol.

Selain itu, proses ini juga melibatkan perubahan dalam pengaturan perilaku makan oleh otak, menyebabkan peningkatan nafsu makan untuk karbohidrat dan selanjutnya meningkatkan kadar gula darah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut