get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

5 Penyebab Gangguan Tidur Selain Insomnia

Minggu, 11 Februari 2024 | 08:49 WIB
header img
Mengatasi gangguan tidur. Foto: Istimewa

DEPOK, iNews Depok.id - Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan nyaman dan berkualitas setiap malam.

Ada banyak faktor yang bisa mengganggu kualitas tidur seseorang, salah satunya adalah penyakit. Selain insomnia, ada beberapa penyakit lain yang bisa menyebabkan seseorang susah tidur. Apa saja penyakit tersebut? Simak ulasan berikut ini.

5 Penyebab Gangguan Tidur Selain Insomnia

1. Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan pada sinus, yaitu rongga kecil yang menghubungkan saluran udara pada tulang tengkorak. Sinus berfungsi untuk menghasilkan lendir yang membantu membersihkan dan menyaring partikel dari udara yang dihirup.

Namun, jika sinus mengalami infeksi dan pembengkakan, maka lendir akan menumpuk dan menyumbat saluran hidung. Akibatnya, penderita sinusitis akan mengalami gejala seperti hidung tersumbat, ingus kehijauan, nyeri pada dahi, pipi, dan mata, serta gangguan penciuman.

Sinusitis bisa membuat seseorang susah tidur karena rasa tidak nyaman dan sesak napas yang dialami. Selain itu, posisi berbaring juga bisa memperparah gejala sinusitis karena meningkatkan tekanan pada sinus. Untuk mengatasi hal ini, penderita sinusitis bisa mencoba mengangkat kepala dengan bantal saat tidur, mengonsumsi obat pereda nyeri dan dekongestan, serta menghirup uap air hangat.

2. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi yang terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyempitan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit jantung koroner. Gagal jantung bisa menyebabkan cairan menumpuk di paru-paru dan jaringan tubuh lainnya, sehingga menyebabkan gejala seperti sesak napas, batuk, bengkak pada kaki, perut, dan leher, serta mudah lelah.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut