get app
inews
Aa Read Next : Raih 9.949 Suara dalam Perhitungan Tingkat Kecamatan, Mpok Hj Nuryuliani Melenggang ke Parlemen GDC

Emosi Berbuntut Injak Supir Truk, Ini 3 Cara dan Tuntunan Islam untuk Kendalikan Emosi

Sabtu, 24 September 2022 | 09:16 WIB
header img
3 cara dan tuntunan Islam bagi umatnya untuk mengendalikan emosi. Ketrampilan mengendalikan emosi harus dikuasai agar tidak menyesal di kemudian hari karena hilang akal. Foto: Tangkapan layar video.

DEPOK, iNews Depok.id – Viral kasus injak supir truk. Pelakunya Wakil Ketua DPRD Kota Depok mengaku semuanya terjadi secara spontan karena emosi. Emosi memang sangat berbahaya dan karenanya Islam memberikan tuntunan cara mengendalikannya.

Kejadian injak sopir truk berlangsung Jumat, 23 September 2022 di Jalan Krukut Limo Depok. Tajudin Tabri sang Wakil Ketua DPRD Kota Depok mengaku kesal lantaran truk besar masuk jalan tersebut yang potensial menabrak pipa gas. Ia kemudian lepas kendali dan bertindak kasar pada sopir truk.

Kekesalan Tajudin Tabri sebenarnya beralasan dan bisa diterima. Namun hal yang tak bisa diterima adalah  caranya memperlakukan sopir truk. Tajudin Tabri sendiri menyesali emosinya dan ia meminta maaf pada masyarakat dan sopir truk.

Gara-gara masalah ini, Tajudin Tabri akan diinvestigasi internal DPD Golkar Kota Depok dan terancam dipecat. Golkar melalui Ketua DPD Golkar Kota Depok menyatakan kader Golkar harus humanis melayani rakyat, tidak berlaku kasar.

Cara dan Tuntunan Islam Mengendalikan Emosi 

Emosi bisa melanda siapapun dan sangat berbahaya. Ketika emosi merasuki pejabat atau orang besar dampaknya sangat berbahaya. Ini karena orang dengan power besar bisa menimbulkan kerusakan besar jika tak bisa mengendalikan emosi.

Tak heran Islam memberikan cara dan tuntunan secara khusus bagi penganutnya untuk benar-benar memiliki keahlian mengendalikan emosi. 

Lalu seperti apa cara dan tuntunan Islam agar umatnya bisa mengendalikan emosi?

1.    Segera berwudhu

Ketika emosi masuk ke tubuh, segera padamkan. Jangan biarkan emosi berkembang. Caranya dengan mengambil air wudhu. 

Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan seperti dalam hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Abu Daud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut