get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Muda Indonesia Adit Setiawan Ajak Investor India Masuk Indonesia

Menparekraf Sandi Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Desa Tepus Yogyakarta Melalui Program Desa Wisata

Senin, 05 September 2022 | 14:26 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Pantai Indrayanti untuk berpose di spot foto ’Sandiaga Uno’. Spot patung yang dibuat menyerupai sosok dirinya. (Foto: Istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNewsDepok.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pantai Indrayanti untuk berpose di spot foto ’Sandiaga Uno’. Spot patung yang dibuat menyerupai sosok dirinya.

Kegiatan Mas Menteri -sapaan Sandiaga Uno- tersebut merupakan bagian dari rangkaian program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Desa Wisata Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Desa Wisata Tepus masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik tahun ini. Tujuan penyelenggaraan ADWI yakni sebagai daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa. Kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia.

Selain itu, dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Dari data kegiatan ADWI tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan target di tahun 2022 adalah 3.000 desa wisata yang diharapkan terjaring sehingga mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia ke depan.

Ini sebagai bukti nyata program unggulan Mas Menteri untuk desa wisata menjadi pilihan. Banyak desa dengan peningkatan jumlah pendaftar desa wisata. Peningkatannya lebih dari 200 persen. Itu menjadi bukti bahwa ADWI menjadi program yang tepat sasaran, manfaat, dan waktu. Program itu juga benar-benar membawa kesejahteraan masyarakat.

Menparekraf Sandiaga mendapat sambutan meriah saat mengunjungi Desa Wisata Tepus. Tampak pula sambutan hangat dari Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan jajaran pemerintahan setempat.

Rombongan Mas Menteri juga disambut penari Subomanggolo. Kemudian mendengarkan pemaparan terkait 7 kategori penilaian ADWI oleh pengelola desa.

Setelah itu, Mas Menteri menyambangi Pasar Tiban Desa Wisata Tepus yang menyajikan produk-produk unggulan desa (kuliner, fesyen, kriya). Selama berbelanja, Mas Menteri dan rombongan juga dihibur dengan kesenian unggulan Desa Tepus.

Mas Menteri mengatakan, tahun 2021, Desa Nglanggeran di Gunungkidul terpilih sebagai desa wisata terbaik dunia atau Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah PBB (UNWTO).

"Tahun ini kita merasakan sensasi di pantai, ada juga susur pantai kolaborasi dengan komunitas jeep. Desa Wisata Tepus diharapkan bisa naik kelas menjadi desa wisata dunia, menyusul Nglanggeran dan berdaya saing berkelanjutan," jelasnya.

Sandi menjelaskan, desa wisata yang tergabung di jaring desa wisata terbaik Indonesia berhasil menstimulasi ekonomi daerah, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.Tahun lalu, peningkatan kunjungan ke desa wisata mencapai 30 persen.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut