get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

3 Destinasi Top akan Dilindungi dari Teroris, Menparekraf dan Kepala BNPT Gelar Pertemuan Khusus

Rabu, 04 Oktober 2023 | 13:14 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: doc BNPT RI

JAKARTA, iNewsDepok.id – 3 destinasi top di Indonesia yaitu Danau Toba, Borobudur dan Labuan Bajo akan dilindungi dari ancaman teroris. Untuk keperluan ini Menparekraf Sandiaga Uno dan Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menggelar pertemuan khusus.

Dalam pengamanan dari ancaman teroris, destinasi wisata akan dilakukan asesman Standar Minimum Pengamanan (SMP) terutama dalam perhelatan nasional dan internasional.

”BNPT dan Kemenparekraf akan menjadikan tiga destinasi super prioritas Danau Toba, Borobudur dan Labuan Bajo sebagai pilot project asesmen SMP. Stakeholders di daerah pun akan dilibatkan agar pencegahan terorisme dilakukan secara holistik,” kata Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam rilis yang diterima iNews Depok.

Pertemuan antara Kepala BNPT dan Menparekraf berlangsung di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Rycko menegaskan asesmen SMP merupakan langkah konkret dalam menjadikan pariwisata Indonesia yang aman dan menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala BNPTmenjelaskan BNPT akan memastikan sistem pengamanan venue dan personel di dalamnya memenuhi standar sesuai dengan Pedoman Pelindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang Strategis dan Fasilitas Publik dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme.

“Kita perlu peninjauan kembali terhadap venue, hotel dan objek wisata yang akan digunakan event nasional dan internasional, tugas kami memastikan sistem pengamanan memenuhi standar dan personelnya aman tidak terlibat dalam terorisme,” kata Rycko.

Menparekraf mengapresiasi dan mendukung penuh langkah pengamanan seperti yang disampaikan Kepala BNPT. Selain melakukan asesmen, ia berharap BNPT dapat memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan sebagai bentuk peningkatan kapasitas SDM.

“Untuk event sekelas kepala negara harus ada penebalan dari sisi safety dan security, wawasan kebangsaan juga dapat diselipkan dalam pelatihan karena SDM ini terus kita upscaling,” imbuh Menparekraf Sandiaga Uno.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut