get app
inews
Aa Read Next : Fakta-Fakta Kakek Cabul di Depok Remas Alat Vital Bocah SD Hingga Tewas

Penerus Mak Erot Buka Praktik Pengobatan Khusus Alat Vital di Jaktim

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 20:24 WIB
header img
Muhammad Akmal salah satu cucu Mak Erot membuka praktik pengobatan khusus alat vital di Jakarta Timur, menggunakan teknik dan ramuan Mak Erot yang legendaris. Foto: Antara

Pasien Membludak

Meski tidak memasang spanduk atau penunjuk jalan ke lokasi praktiknya, namun Akmal mengatakan dalam sehari ia bisa melayani hingga 15 pasien. Bahkan terkadang ia kewalahan karena banyaknya pasien yang datang berobat.

Untuk itu, Akmal menyarankan agar pasien membuat janji terlebih dahulu sebelum berobat.

Ketika proses peliputan untuk penulisan artikel ini dilakukan, Akmal kedatangan dua orang pasien dari luar daerah.

Salah satu keluarga pasien asal Bandung yang berobat di tempat Akmal, mengemukakan bahwa mereka sengaja memilih datang ke Jakarta karena lokasi yang lebih mudah dijangkau.

"Sengaja dari Bandung berangkat pagi-pagi ke Jakarta karena lebih dekat. Daripada yang di Sukabumi," kata pria berinisial A yang datang mengantar keluarganya berobat ke tempat praktik Akmal.

Akmal mengungkapkan ia sangat menjaga privasi dari pasien yang datang berobat kepadanya. Hal itu untuk menjawab kekhawatiran dari kebanyakan pasien yang berobat mengenai kerahasiaan identitas diri.

Pasalnya, pasien yang datang berobat ke tempatnya datang dari beragam kalangan mulai dari pejabat pemerintahan hingga selebritas. Bahkan, pasien yang datang juga berasal dari luar negeri seperti Amerika, Malaysia, hingga Uni Emirat Arab.

Akmal pun tak keberatan dengan permintaan menjaga privasi pasien. Akmal juga merasa bahwa masalah vitalitas masih menjadi hal tabu dan sensitif bagi masyarakat di Indonesia.

Meski demikian, ada satu hal yang masih menjadi keresahan dalam benak Akmal terkait banyaknya oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama Mak Erot untuk membuka praktik serupa. Padahal mereka bukan datang dari keturunan langsung Mak Erot.

Akmal mengatakan bahwa pihaknya sendiri sudah mendaftarkan hak paten nama Mak Erot ke instansi terkait.

"Banyak oknum yang memanfaatkan nama itu kadang orang yang mau datang diarahinnya malah ke tempat lain," tutur Akmal.

Mak Erot dengan kontroversi dan praktik pengobatan yang dilakukannya menjadi cerita yang tak habis oleh waktu.

Beberapa waktu yang lalu mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pernah mengusulkan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia, termasuk mengangkat sejumlah metode pengobatan tradisional Indonesia sebagai unggulan wisata kesehatan, contohnya seperti klinik kebugaran Mak Erot.

Meski sosok asli Mak Erot telah tiada, namun warisan yang ditinggalkannya dalam dunia pengobatan tradisional Indonesia memberikan warna tersendiri.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Pengobatan Khusus Alat Vital Mak Erot di Sudut Jakarta Ini Selalu Ramai, Begini Kisahnya"

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut