get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Masuk Taman Nasional Komodo Tiketnya Rp3,75 Juta Per Orang Mulai 1 Agustus, Pengunjung Dibatasi

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:39 WIB
header img
Taman Nasional Komodo di NTT. Foto: Shutterstock/okezone

NTT, iNewsDepok.id - Tiket masuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah resmi dinaikkan pemerintah menjadi Rp3,75 juta per orang untuk satu tahun. Kebijakan ini berlaku mulai 1 Agustus 2022.

Di samping menaikkan harga tiket, pemerintah juga membatasi jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Jumlah pengunjung dibatasi memjadi 290 ribu kunjungan per tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Zet Sony Libing mengatakan kenaikan harga tersebut demi menjaga ekosistem dan habitat komodo yang mulai terancam.

Zet Sony menjelaskan, pemerintah pusat dan pemprov NTT sudah mengkaji secara mendalam bersama para ahli dari berbagai universitas di Indonesia, sehingga memutuskan menaikkan harga tiket dan membatasi jumlah kunjungan wisatawan ke TN Komodo.

"Dari persetujuan itu, pemerintah dan rakyat NTT ikut menjaga melestarikan komodo dan ekosistemnya," kata Zet Sony dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (11/7/2022).

Lebih lanjut menurut Zet Sony, ada dua poin yang menjadi pertimbangan besar menaikkan harga tiket ke Pulau Komodo dan Pulau Padar serta membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

Pertama, akibat kunjungan wisatawan yang terlalu sering dan banyak, sehingga memengaruhi ekosistem dan habitat komodo.

Kedua, dari hasil kajian tersebut muncul ide bagaimana memenuhi konservasi di lingkungan sekitar Taman Nasional Pulau Komodo. Ini karena adanya terjadi penurunan nilai ekosistem di tempat itu.

"Jadi kami memutuskan membuat kebijakan pemerintah, bersama pemerintah pusat. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, monitoring dan keamanan di situ karena terjadi illegal fishing, terjadi perburuan liar, terjadi pembakaran, dan terjadi kerusakan lingkungan di situ serta sampah," ujarnya.

Pemprov NTT dan Kemenparekraf akan mengedepankan quality tourism di TN Komodo untuk mendorong wisatawan tetap menjaga ekosistem dan habitat komodo.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut