get app
inews
Aa Read Next : Komika Aulia Rakhman Tersandung Hukum saat Kampanye Anies Baswedan di Lampung 

Perbuatan-perbuatan Yang Dapat Membuat Seorang Muslim Keluar dari Islam Tanpa Disadari

Jum'at, 08 Juli 2022 | 08:05 WIB
header img
Umat Islam mengaji di masjid. Foto: iNews.id

SYEIKH Abdul Majid Az Zandani, ulama besar yang lahir di Yaman pada tahun 1942 dan merupakan pendiri Universitas Al-Iman Asy-Syar'iyah di Yaman, menyebut kalau perilaku nifaq yang pelakunya disebut munafiq, termasuk faktor yang dapat membuat seseorang keluar dari Islam. 

Nifaq atau munafik memiliki banyak jenis, antara lain: 

a. Menolak berhukum dengan syariat Allah, meskipun dalam keseharian manampakkan diri sebagai orang Muslim, lengkap dengan atributnya, seperti berpeci, berjilbab dan lain-lain. Sikap mereka ini dicatat dalam QS: An-Nisa’: 61:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْاْ إِلَى مَا أَنزَلَ اللّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنكَ صُدُوداً

“Apabila dikatakan kepada mereka: Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul ! Niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.” 

b. Menjadikan orang kafir sebagai pelindung, pembela dan penguat dalam kehidupan keseharian. Mereka meninggalkan orang-orang yang beriman dan lebih cenderung dan condong kepada kekafiran.

Dalam QS.An-Nisa’: 138-139 Allah SWT berfirman; “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapatkan siksaan yang pedih, (yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang beriman.” 

c. Memusuhi orang Mukmin akibat kedekatannya dengan orang-orang kafir.

Dalam QS Al-Mujadilah: 22 Allah SWT berfirman: "Kamu tidak akan mendapatkan suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhir, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan RasulNya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka” 

Wallahu'alam bissawab .

(Dari berbagai sumber)

 

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut