get app
inews
Aa Read Next : Panglima Romawi George Todzira vs Khalid bin Walid Siap Perang, Hidayah Turun Lawan Jadi Mualaf

17 Ramadan Adalah Hari Kemenangan Pertama Pasukan Muslim dalam Perang Badar

Sabtu, 08 April 2023 | 17:26 WIB
header img
Perang Badar yang Dimenangkan oleh Pasukan Muslim. Foto: Alindrahaqeem.com

JAKARTA, iNewsDepok.id - Perang Badar adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tanggal 17 Ramadan 2 Hijriah (13 Maret 624 Masehi). Perang ini terjadi antara pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW dengan pasukan Quraisy yang berasal dari kota Mekah.

Sebelum terjadinya perang Badar, ketegangan antara pasukan Muslim dan kaum kafir Quraisy memang sudah terjadi. Beberapa kali pasukan Muslim di kota Madinah mengalami serangan dari pasukan Quraisy.

Konflik ini mencapai puncaknya ketika pasukan Muslim berhasil menyerang dan merampas karavan yang dipimpin oleh kafir Quraisy yang membawa harta melimpah.

Mendapat laporan bahwa pasukan Muslim akan menyerang kafilah tersebut, pasukan kafir Quraisy bergerak untuk mengejar dan mengadang pasukan Muslim. Pasukan Muslim yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW, sementara kafir Quraisy dipimpin oleh Abu Jahal.

Dengan jumlah pasukan Muslim yang sedikit yaitu 313 orang dan memiliki senjata yang sederhana, mereka berhasil mengalahkan pasukan kafir Quraisy yang jumlahnya 1000 orang bersenjatakan lengkap dan berhasil membunuh Abu Jahal alias Amr bin Hisham.

Kemenangan pasukan Muslim dalam perang badar ini memberikan dampak yang besar bagi perkembangan Islam. Perang Badar menjadi titik awal perkembangan agama Islam dan berkembangnya kekuatan politik umat Muslim di kawasan Arab.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut