get app
inews
Aa Read Next : Teguh Onoh Caleg Perindo Dapil BCL Usung Perubahan untuk Pacu Kemajuan Kota Depok

Bikin Macet, Kapolda Metro Jaya Tegaskan Kendaraan yang Parkir Sembarangan Diderek

Rabu, 06 Juli 2022 | 14:55 WIB
header img
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran saat penjelasan tindakan tegas terhadap parkir sembarangan yang sebabkan kemacetan di Jakarta. Foto: tangkapan layar Instagram @kapoldametrojaya

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menyoroti sejumlah kemacetan lalu lintas akibat parkir sembarangan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menegaskan akan menderek kendaraan yang parkir sembarangan tersebut di Jakarta. Tindakan tegas tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan.

Oleh karena itu, Fadil memerintahkan Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana untuk mengidentifikasi titik-titik kemacetan.

"Pak Rusdy coba diidentifikasi, cari di mana titik-titik yang selalu macet tapi dianggap menjadi sebuah kebiasaan. Padahal sebenernya macet itu bisa diurai," ucap Fadil, seperti dikutip dari akun Instagramnya @kapoldametrojaya, Rabu (6/7/2022). 

Lebih lanjut, Fadil memberi contoh lokasi yang selalu macet seperti Jalan Suryo dan Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurutnya, mobil yang parkir sembarangan harus diderek petugas.

"Contoh di sepanjang Jalan Suryo dan di sepanjang Jalan Senopati, kalau bisa setiap hari diderek itu mobil yang parkir (sembarangan) di depan," tegasnya.


Kemacetan di Jalan Suryo dan Jalan Senopati akibat parkir sembarangan. Foto: tangkapan layar Instagram @kapoldametrojaya

Menurut Fadil, jika perlu polisi dan DLLAJR membuat posko bersama untuk mengurai kemacetan. Selanjutnya, Fadil akan melihat langsung kinerja petugas di lapangan.

"Kalau perlu ada posko lalu lintas bersama DLLAJR di situ. Saya akan lihat mulai hari ini ke depan. Saya mau Anda taruh derek di situ, Anda taruh anggota di situ, begitu ada yang parkir sembarangan, tarik," seru Fadil.

Tidak hanya di Jalan Suryo dan Jalan Senopati saja, menurut Fadil menderek kendaraan yang parkir sembarangan juga perlu dilakukan di wilayah lain di Jakarta.

"Macet kok dibiarkan. Nah di tempat lain juga di Jaksel, Jakut, Jaktim khususnya di tempat-tempat yang sangat mengganggu kepentingan umum," ujar mantan Kapolda Jawa Timur.

Menurutnya, jika macet terjadi karena peningkatan atau volume kendaraan tidak masalah, namun ternyata yang terjadi akibat parkir liar

"Saya minta teman-teman di lalu lintas sudah mulai berbicara bagaimana mengurai kemacetan. Kalau macet karena volume bukan macet ya terjadi peningkatan, nggak apa-apa. Tapi kalau macet karena memang parkir sembarangan, padahal sudah ada pedestrian itu yang menurut saya harus kita tertibkan," pungkasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut