RekaTalks 2024, Dorong Kolaborasi Industri dan Perguruan Tinggi Melalui Program Dana Padanan

Iyung Rizki
RekaTalks, sebuah inisiatif dari Kedaireka dan Kemendikbudristek. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - RekaTalks, sebuah inisiatif dari Kedaireka dan Kemendikbudristek, hadir kembali pada tahun 2024 untuk mendorong kolaborasi yang erat antara industri dan perguruan tinggi. 

RekaTalks adalah platform talk show yang menggali kisah inspiratif dari para ahli di bidangnya, serta menghadirkan pejabat publik dan pembuat kebijakan untuk berbagi pandangan mengenai inovasi dan dampaknya bagi masyarakat. 

Kedaireka (Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta merupakan platform yang memberi ruang bagi perguruan tinggi dan industri untuk berkolaborasi dan menghasilkan inovasi. 
Melalui program-programnya, Kedaireka berupaya mengakselerasi hilirisasi industri dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. 

Mengusung tema "Kolaborasi Industri dan Insan Perguruan Tinggi melalui Program Dana Padanan (PDP) Kemendikbudristek", RekaTalks kali ini akan memfokuskan diskusi pada peluang kolaborasi yang terbuka melalui Program Dana Padanan 2024. 

Acara ini diadakan secara daring pada hari Kamis, 24 April 2024 di kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma

Misi utama acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dan industri dalam menghasilkan inovasi yang solutif. Diharapkan, melalui platform Kedaireka, kolaborasi yang masif dapat tercapai, membawa dampak positif bagi industri dan masyarakat. 

Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, PhD, Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, menyampaikan bahwa RekaTalks sebagai bagian dari Ekosistem Kedaireka diharapkan mampu menginspirasi dan mengobarkan semangat insan perguruan tinggi dan mitra industri di seluruh Indonesia untuk berinovasi dan berkolaborasi demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Acara ini diharapkan membangun kesadaran dan pengetahuan publik mengenai keberadaan Kedaireka sebagai sebuah ekosistem kolaborasi dan inovasi antara perguruan tinggi dan industri," kata Prof Tjittjik.

Setelah awareness tersebut berhasil terbangun, diharapkan adanya peningkatan partisipasi publik baik dari akademisi (perguruan tinggi) dan industri dalam kegiatan-kegiatan ekosistem Kedaireka, RekaTalks 2024 akan menghadirkan narasumber terkemuka dari berbagai kalangan, termasuk pendidikan tinggi dan industri, seperti Dr. Handian Purwawangsa, S.Hut., M.Si. dari IPB University; Prof. Setyawan Purnomo Sakti selaku tim ahli PDP 2024, Satya Candra Wibawa Sakti, Ph.D, Koordinator PDP 2024; dan dimoderatori oleh Dr. Ruddy J. Suhatril., S.Kom., M.Sc., M.I.Kom dari PMO Kedaireka.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network